Kamis , 07 December 2017, 20:42 WIB

Libur Akhir Tahun, Kemenhub Siapkan Penerbangan Tambahan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Antara/Ahmad Subaidi
Sejumlah penumpang menunggu pesawat (ilustrasi)
Sejumlah penumpang menunggu pesawat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sudah menyiapkan antisipasi untuk angkutan musim liburan akhir tahun. Salah satunya untuk angkutan penerbangan saat perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Santoso mengatakan pihaknya sudah menyiapkan kebutuhan penerbangan. "Kami dari regulator menyiapkan extra flight untuk memenuhi hal itu," kata Agus di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Kamis (7/12).

Agus bahkan mengakui saat ini sudah ada beberapa yang mengajukan penerbangan tambahan untuk musim liburan akhir tahun ini. Meskipun begitu dia belum bisa merinci berapa banyak yang sudah mengajukan penambahan penerbangan tersebut.

Untuk itu, Agus menilai untuk mendukung kebutuhan penerbangan tambahan tersebut maka pesawat yang disiapkan harus dalam keadaan baik. "Saat ini sebanyak 488 pesawat terbang akan melakukan kesiapan ram cek," ujar Agus.

Selain soal penerbangan tambahan, Agus juga meminta dari sisi navigasi harus ada persiapan. Sebab, lanjut Agus, dengan bertambahnya mobilitas maka jadwal penerbangan Jakarta dan perhubungan nasional akan bertambah bebannya.

Agus menegaskan nantinya akan ada pengaturan dengan melakukan pengelompokan penerbangan supaya tidak terkumpul dalam puncak waktu yang padat. "Nanti akan diatur oleh AirNav untuk kapan pemberangkatan dan lainnya," tutur Agus.