Rabu , 15 November 2017, 02:28 WIB

Berapa Gaji yang Diinginkan Pekerja Milenial di Jakarta?

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Budi Raharjo
Republika/Adhi Wicaksono
Aktivitas pekerja di salah satu perkantoran, Jakarta. (ilustrasi)
Aktivitas pekerja di salah satu perkantoran, Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Aplikasi yang menghubungkan perusahaan dengan tenaga kerja, Helpster Indonesia, mengungkap pekerja di Jakarta menginginkan gaji Rp 3 juta sampai dengan Rp 3,9 juta per bulan.

Berdasarkan keterangan yang diterima Republika, Helpster Indonesia pada Oktober 2017 lalu telah mengadakan survei kepada 33 ribu pekerja yang terdata di database Helpster. Hasilnya, ada beberapa hal yang cukup menarik dan menggambarkan sebagian kecil pekerja sektor informal di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi pada khususnya.

"Sebagian besar pekerja milenial sudah menginginkan pekerjaan fleksibel di mana mereka sudah mulai membuka konsep bekerja fleksibel (gig ekonomi), dengan gaji yang masih sekitar Rp 3 juta sampai dengan Rp 3,9 juta," kata Helpster Indonesia seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Selasa (14/11).

Usia responden survei ini dengan rentan usia terbanyak 18 sampai 21 tahun. Motivasi bekerja mereka adalah keluarga 39 persen. Standar gaji yang mereka inginkan Rp 3-3,9 juta per bulan dengan angka 46 persen.

Sebanyak 71 persen dari mereka sudah mulai bergeser menginginkan pekerjaan permanen menjadi pekerjaan fleksibel. Kemudian 43 persen dari mereka akan merasa bosan bekerja setelah satu sampai dua tahun bekerja di satu perusahaan.

Helpster Indonesia berharap hal ini bisa menjadi bahan pelajaran untuk industri untuk bisa melihat fenomena yang ada di Jakarta, terutama pekerja invasi pekerja milenial sudah mulai terlihat.