Sabtu , 28 Oktober 2017, 14:53 WIB

Aprindo: Persaingan Bisnis Ritel Harus Adil

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Nidia Zuraya
Antara
Bisnis Ritel. Ilustrasi
Bisnis Ritel. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sektor perdagangan ritel konvensional saat ini mengalami kecenderungan menurun. Penurunan perdagangan ritel konvensional tersebut salah satunya akibat pesatnya perkembangan transaksi online.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta mengatakan saat ini sudah terjadi pergeseran dari bisnis offline ke bisnis online secara berjamaah. Namun, sambung dia, harus ada permainan yang adil dalam pergeseran dari offline ke online tersebut.

"Kita mau permainan yang adil karena produk yang dijual sama. Kemajuan-kemajuan ini jangan sampai melupakan bahwa kita harus jadi pemain bukan penonton. Saya nggak antiasing tapi kita harus hati-hati menjaga," ujarnya dalam sebuah diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (28/10).

Tutum menambahkan pihaknya tidak anti terhadap kemajuan zaman yang akhir-akhir ini digencarkan. Bahkan, Aprindo mendukung rencana Presiden Joko Widodo untuk masuk ke era digital.

"Offline memang akan mengecil, dan itu terjadi di seluruh dunia. Kemajuan ini harus memberikan manfaat yang jelas dan kita jangan hanya jadi penonton dan harus jadi pemain," ucapnya.