Senin , 23 Oktober 2017, 00:07 WIB

Industri Galangan Kapal Bisa Manfaatkan Proyek Pembangunan

Rep: Melisa Riska Putri/ Red: Dwi Murdaningsih
Antara/Wahyu Putro A
Pengembangan Industri Galangan Kapal-Seorang pekerja turun dari kapal yang melakukan proses bongkar muat di Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (30/6).
Pengembangan Industri Galangan Kapal-Seorang pekerja turun dari kapal yang melakukan proses bongkar muat di Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Selasa (30/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG--Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meminta industri galangan kapal untuk memanfaatkan proyek pembangunan pemerintah. Saat ini pemerintah telah mengalokasikan anggaran bagi pemenuhan kebutuhan armada kapal melalui pembangunan kapal-kapal negara.

"Momentum tersebut harus dimanfaatkan oleh industri perkapalan nasional sebagai sebuah peluang," ujarnya dalam acara grand launching PT Samudra Marine Indonesia Shipyard Phase II, Ahad (22/10). Teutama untuk meningkatkan kemampuan dan utilisasi khususnya pembangunan kapal baru.

Apalagi kini diakui Airlangga banyak transportasi nasional melalui kapal menggunakan kapal tua. Sehingga ship building atau pembuatan kapal terus didorong di tengah perbaikan dan perawatan kapal yang ada.

Ia berharap, dengan adanya proyek-proyek pembangunan kapal baru dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja serta kemampuan untuk meningkatkan penguasaan teknologi. Menurutnya, industri galangan kapal merupakan pondasi penting dalam menunjang program poros maritim maupun tol laut sejalan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

"Sehingga, cita-cita menjadikan Indonesia sebagai poros maritim tidaklah lengkap tanpa adanya industri galangan kapal yang kuat," ujar dia.