Kamis , 19 Oktober 2017, 14:15 WIB

Luhut: Pelan-Pelan Tenaga Kerja Asing Dikurangi

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nur Aini
Republika/Mursalin Yasland
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjadi pembicara utama pada Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia di Bandar Lampung, Kamis (19/10).
Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjadi pembicara utama pada Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia di Bandar Lampung, Kamis (19/10).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG -- Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, saat ini pemerintah sedang melakukan pengurangan tenaga kerja asing di berbagai proyek investasi asing. Pemerintah sudah menyiapkan tenaga kerja lokal yang telah selesai dari pendidikan.

Menurut dia, sebagai investor sudah pasti mereka ingin mengamankan aset dan modal investasinya yang ada, sehingga mereka membutuhkan tenaga kerja asing. Namun, mereka juga tidak tahan membiayai tenaga kerjanya. "Lambat laun tenaga kerja asing berkurang dan trennya menurun, " kata Luhut B Panjaitan saat menjadi pembicara utama pada Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Bandar Lampung, Kamis (19/10).

Ia mengakui investasi asing di Indonesia telah menyedot tenaga kerja asing, terutama dari Cina. Selaku pedagang, Luhut memisalkan, ia sudah pasti ingin mengamankan asetnya dan modal usahanya yang sudah ditanam di tempat tersebut. "Saya juga memiliki usaha, jadi saya tahu juga," katanya.

Menurut dia, masuknya tenaga kerja asing ke Indonesia sudah terjadi di pemerintahan sebelumnya seperti di Freeport. Untuk itu, pada saat ini pemerintah sudah menyiapkan tenaga kerja lokal untuk menggantikan tenaga kerja asing setelah diberikan pendidikan. "Pelan-pelan kita kurangi tenaga kerja asing," ujarnya.