Kamis , 17 Juni 2010, 04:58 WIB

Cadangan Devisa Bisa Lebihi 81,3 Miliar Dolar AS

Rep: Palupi Annisa Auliani/ Red: Budi Raharjo
Bank Indonesia
Bank Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Bank Indonesia (BI) memperkirakan cadangan devisa akan mencapai 81,3 miliar dolar pada akhir 2010. Angka ini diperkirakan masih bisa bertambah, jika situasi Eropa membaik.

'’Cadangan devisa itu dinamis, bisa berubah. (Perkiraan kami) akan mencapai lebih dari 81,3 miliar dolar AS atau setara lebih dai 6,4 bulan impor, pada akhir tahun,’’ ujar Deputi Gubernur BI, Budi Mulia, di Jakarta, Rabu (16/6).

Angka perkiraan tersebut, ujar dia, merupakan perhitungan dari exercise yang dilakukan BI pada bulan lalu. Pjs Gubernur BI, Darmin Nasution, mengatakan angka cadangan devisa ke depan akan semakin sulit dihitung. ‘’Karena ada dua arah berlawanan. Fundamental akan terus naik, walau tidak tiba-tiba. Tapi gejolak (ekonomi global) menunjukkan akan berkurang,’’ jelasnya.

Posisi cadangan devisa saat ini, sebut Darmin, berada pada kisaran 74 miliar dolar AS. ‘’Kalau dilihat fundamental perekonomian kita dan negara dunia, arahnya adalah capital inflow akan terus berlangsung,’’ ujarnya.

Berita Terkait