Ahad , 10 November 2013, 17:44 WIB

Megawati-Jokowi Kompak Tanam Pohon di Ciliwung

Red: Nidia Zuraya
Reuters/Supri
Joko Widodo (kiri) bersama Megawati Soekarnoputri (tengah) dan Taufiq Kiemas (kanan).
Joko Widodo (kiri) bersama Megawati Soekarnoputri (tengah) dan Taufiq Kiemas (kanan).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menanam bibit pohon saat meninjau kali Ciliwung pada program konvervasi kali Ciliwung, di Condet, Jakarta Timur, Ahad (10/11). Kehadiran Megawati Soekarnoputri bersama Joko Widodo serta putrinya Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan, disambuat antusias warga setempat yang telah menantinya.

Pada kesempatan tersebut, Megawati Soekarnoputri, Joko Widodo, Puan Maharani, serta sejumlah aktivis Komunitas Ciliwung melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon salak dan durian Condet di bantaran kali Ciliwung. Usai acara penanaman bibit pohon, kemudian dilanjutkan dialog interaktif dengan masyarakat setempat.

Pada dialog tersebut yang menjadi nara sumber adalah, Megawati Soekarnoputri, Joko Widodo, Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia Michael Sumarijanto serta aktivis Komunitas Ciliwung Abdul Kodir. Megawati menjelaskan, kali Ciliwung yang saat ini kondisinya kotor dan mengalami pendangkalan karena banyaknya sampah serta erosi.

Pada kesempatan tersebut, Megawati meminta kepada warga masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran kali Ciliwung agar taat pada peraturan dan menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah ke kali. "Kebersihan sungai dan lingkungan sungai yang hijau ini bukan persoalan remeh-temeh. Ini masalah strategis kalau warganya ingin men jadikan jakarta rindang, sejuk, dan indah," katanya.

Menurut dia, persoalan sampah di kali Ciliwung bukan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tapi juga tanggungjawab masyarakat.

Sumber : Antara