Rabu , 11 May 2016, 22:24 WIB

Jokowi Minta Setiap Daerah Punya Ciri Khas

Red: Esthi Maharani
setkab.go.id
Jokowi
Jokowi

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Presiden Joko Widodo mengajak pemerintah provinsi, kabupaten dan kota membangun brand positioning focus atau ciri khas daerah agar semakin dikenal dan memiliki karakteristik tersendiri.

"Kota Palembang Sumatera Selatan dikenal sebagai kota dengan fokus olahraga dan kegiatan keolahragaan. Bikin suatu kota yang spesifik misalnya Kota Ambon, Kota Bitung sebagai kota yang khusus pada industri perikanan, bangun cold storage (gudang pendingin), tata kelola manajemen perikanan terpadu," kata Jokowi pada penutupan musyawarah perencanaan pembangunan nasional seperti dikutip Kepala Bagian Humas Pemprob Sulut, Roy Saroinsong, Rabu (11/5).

Presiden juga menegaskan anggaran di setiap pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota harus segera dibelanjakan untuk kepentingan pembangunan. Dana yang ada jangan sampai terus mengendap di Bank Pembangunan Daerah (BPD). Dikatakannya, pada awal tahun 2016, ada dana Rp 220 triliun yang mengendap.

"Saya peringatkan kepada para gubernur bahkan bupati dan wali kota segeralah membelanjakannya terutama pada investasi yang produktif," kata Presiden.

Pembelanjaan tersebut bukan pada infrastruktur gedung yang tidak proporsional, perjalanan dinas, kunjungan kerja, atau pun membeli mobil dinas.

"Kebiasaan itu hendaknya dikurangi dan dihilangkan. Sekarang bukan lagi money follow function, tetapi berorientasi pada money follow program," tegasnya.

Sumber : antara

Berita Terkait