Rabu , 17 August 2016, 21:13 WIB

PLN Tuan Rumah BUMN Hadir untuk Negeri

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Republika/Agung Supriyanto
Dirut PLN, Sofyan Basir
Dirut PLN, Sofyan Basir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT PLN (Persero) bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia Ke-71 dengan sejumlah  kegiatan untuk berbagi kepedulian dan kebahagiaan dengan Masyarakat, yang merupakan rangkaian dari program BUMN Hadir untuk Negeri.

Untuk tahun ini PLN menjadi tuan rumah seluruh kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di DKI Jakarta bersama PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dan PT Balai Pustaka. Hal ini sebagai bentuk sinergi BUMN kerja nyata membangun Negeri.

Pada upacara peringatan HUT RI ke-71, Direktur Utama PLN Sofyan Basir diberikan kepercayaan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno sebagai inspektur upacara di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (17/8). Dalam kesempatan tersebut, Sofyan Basir menyatakan bahwa pelaksanaan upacara HUT RI bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai warga Indonesia ditengah keragaman budaya dan bangsa yang dimiliki.

“Program BUMN Hadir untuk Negeri bertujuan memberikan manfaat bagi masyarakat dan menyemarakkan semangat kemerdekaan, serta wujud nyata peran BUMN di masyarakat,” tutur Sofyan berdasarkan rilis yang diterima republika.co.id.  Menurutnya, adanya BUMN Hadir untuk Negeri diharapkan dapat memberikan pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN yang telah berperan dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa, melalui kerja nyata yang berdampak langsung.

Pada acara yang sama dilakukan penyerahan secara simbolis Program Pemberdayaan Masyarakat, antara lain pembinaan mantan narapidana; pembinaan mantan Atlet nasional; program bedah rumah Veteran; serta pembinaan kawasan, pembangunan MCK dan air bersih.

Selain kegiatan-kegiatan di atas, PLN bersama ketiga BUMN lainnya telah berhasil menyelenggarakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan mengajak para siswa dan guru teladan dari Kalimantan Selatan mengenal budaya Jakarta serta proses bisnis BUMN Indonesia pada 8 -15 Agustus 2016. Tidak hanya itu, PLN juga telah sukses menyelenggarakan Jalan Sehat 5 KM pekan lalu (14/8) yang diikuti oleh 12.000 partisipan beserta Menteri BUMN dan jajaran direksi BUMN yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

Tidak berhenti sampai disana, PLN juga menerapkan kegiatan pemberdayaan masyarakat, seperti pembinaan enam mantan narapidana yang mendapat remisi pada saat HUT RI dengan memberikan mereka pelatihan keterampilan, pemberian peralatan dan modal usaha, dan mengarahkan mereka berwiraswasta. Selain itu, tujuh atlet nasional diberikan bantuan pelatihan terkait pengembangan keahlian, pengembangan usaha dengan anggaran maksimum sebesar Rp 100 juta. Di samping itu, sebanyak 71 rumah veteran yang berada di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi akan direnovasi dengan total anggaran sebesar Rp 2,84 miliar. 

PLN juga akan menyediakan air bersih dan membangun mandi cuci kakus (MCK) di Kelurahan Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Cibubur dan Ciracas yang bekerjasama dengan Masyarakat Peduli Ciliwung serta Rukun Warga (RW) setempat. Tidak berhenti sampai di sana, akan segera dibangun tempat penitipan anak di Pasar Tradisional di Jakarta yang mulai dilaksanakan pada Agustus hingga Desember 2016.