Rabu 04 Oct 2017 05:47 WIB

Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry dan USU Teken Kerja Sama

Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Eka Srimulyani (kanan) dan Dekan Fakultas Psikologi  USU Zulkarnain.
Foto: Dok UIN Ar-Raniry
Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry Eka Srimulyani (kanan) dan Dekan Fakultas Psikologi USU Zulkarnain.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH –Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, menjalin kerja sama dan studi banding dengan Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) Medan yang merupakan salah satu fakultas psikologi  bereputasi di luar Pulau Jawa, Selasa, (3/10) di Medan. Kerja sama itu dalam rangka upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanan akademik.

Dekan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, Prof  Dr  Eka Srimulyani  MA mengatakan, kerja sama ini melingkupi bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi terkait dengan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan publikasi, serta pengabdian kepada masyarakat.

 

“Kegiatan penandatanganan MoU ini juga disertai proses sharing praktik baik (best practice) yang terkait dengan pengelolaan pendidikan dan pengajaran, pengelolaan laboratorium psikologi, perpustakaan dan pusat layanan psikologi kepada masyarakat,“ kata Prof  Dr  Eka Srimulyani MA dalam rilis UIN Ar-Raniry yang diterima Republika.co.id, Selasa (3/10).

Srimulyani menambahkan, kegiatan perjanjian kerja sama ini dari pihak USU langsung dipimpin oleh Dekan Fakultas Psikologi USU,  Dr  Zulkarnain dan Srimulyani serta  jajarannya dari Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry.

 

Kedua belah pihak, kata Srimulyani, bersepakat bahwa kerjasama ini tidak hanya simbolis tapi akan wujud dalam implementasi yang berkelanjutan untuk penguatan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi di Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry.

Srimulyadi menambahkan, dekan  dan jajarannya dari kedua Fakultas Psikologi menyambut hangat kerja sama tersebut dan menyatakan kesediaannya untuk berkolaborasi dalam bidang-bidang terkait. Sebab, kata Srimulyadi, secara tidak langsung kolaborasi ini akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tinggi psikologi di wilayah regional 1 (satu) Sumatera.

Dijelaskan Srimulyani, dalam diskusi yang berlangsung penuh keakraban dan kehangatan, beberapa ide rencana kolaborasi bersama dibahas, termasuk kekhasan dan fokus dari masing-masing fakultas sesuai yang sudah digariskan dalam renstra dan dijabarkan dalam visi misi fakultas masing-masing.

Fakultas Psikologi USU fokus pada aspek agrobisnis dan local wisdom (kearifan lokal), sementara Fakultas Psikologi Ar-Raniry yang baru dibuka dua tahun  terakhir saat ini fokus pada isu ketahanan keluarga, konflik (perdamaian), dan kearifan lokal.

 

“Bentuk kongkret kerja sama ini dapat berwujud dalam penelitian kolaboratif, upgrading kualitas pembelajaran oleh dosen yang senior dalam bidangnya serta partisipasi dalam event seminar nasional dan internasional,“ pungkas Srimulyani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement