Minggu, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 Februari 2018

Minggu, 9 Jumadil Akhir 1439 / 25 Februari 2018

FAO: Harga Pangan Dunia Paling Stabil di 2013

Jumat 06 Desember 2013 09:47 WIB

Red: Nidia Zuraya

Bahan Pangan

Bahan Pangan

Foto: ROL/Muda Saleh

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengatakan Kamis (5/12) bahwa harga pangan dunia bergerak datar pada November. Hal ini dikarenakan harga-harga bahan pangan secara keseluruhan tetap stabil, dengan penurunan harga gula yang mendorong indeks utama lebih rendah di tengah kenaikan harga minyak goreng.

FAO juga memperkirakan produksi biji-bijian dan sereal di seluruh dunia, termasuk beras, akan mencapai tertinggi baru sepanjang waktu pada tahun ini. Kondisi ini menurut FAO dapat menjamin stabilitas harga untuk sektor pangan.

Harga-harga bahan pangan sempat naik pada Oktober setelah jatuh di masing-masing lima bulan sebelumnya. Namun, secara keseluruhan FAO menilai harga-harga pangan pada 2013 ini paling stabil setidaknya dalam lima tahun terakhir, menyusul tahun bergejolak luar biasa untuk harga-harga pangan pada 2012.

Meskipun harga-harga stabil dalam beberapa bulan terakhir dan diperkirakan untuk bulan-bulan mendatang juga, FAO, dalam Laporan Prospek Tanaman dan Situasi Pangan, memprediksi cuaca kering di negara-negara Afrika Barat, yaitu Chad, Mali, Mauritania, Niger dan Senegal akan merugikan produksi di sana dan dapat menyebabkan risiko kelaparan menuju ke tahun depan.

Prospek pangan dunia FAO didasarkan pada sekeranjang 55 barang dan 73 kutipan harga dalam lima kelompok komoditas pangan utama. Indeks harga pangan dunia FAO berikutnya akan dirilis pada 9 Januari 2014.

Sumber : Antara/Xinhua
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Mengintip Kereta Cepat Jamaah Haji-Umrah

Ahad , 25 Februari 2018, 07:10 WIB