Ahad , 17 June 2012, 12:59 WIB

10 Penumpang KM Putri Ayu di Perairan Maluku Selamat

Red: Hafidz Muftisany

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON- Sebanyak 10 penumpang KM Putri Ayu yang tenggelam dalam pelayaran dari Ambon tujuan Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku , Minggu dinihari, selamat, kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Kifly Wakanno.

"Saya berkoordinasi dengan Kapolsek Leihitu Barat diberitahu sebanyak sembilan orang sedang berada di rumah kepala desa Ureng dan satu lainnya menjalani perawatan di Puskesmas Negeri Lima, "katanya, ketika dikonfirmasi, Ahad (17/6).

Belum diketahui penyebab tenggelam kapal nahas tersebut dan siapa pemiliknya. Terpenting, kata Kifly, koordinasi dengan Basarnas maupun Adpel Ambon untuk mengerahkan armada guna melakukan pencarian terhadap penumpang lainnya yang belum diketahui nasib mereka.

"Jumlah penumpang KM. Putri Ayu juga simpang siur sehingga Adpel Ambon diharapkan memeriksa daftar penumpang saat mengeluarkan Surat Izin Berlayar(SIB)," ujarnya.

Masyarakat pesisir di Kecamatan Leihitu maupun Leihitu Barat juga telah diimbau untuk mencari penumpang kapal nahas tersebut.

"Kondisi cuaca relatif kurang bersahabat dan hujan dengan intensitas sedang turut mempengaruhi upaya pencarian," kata Kifly.

Administrator Pelabuhan (Adpel) Ambon, Mulyono juga belum bisa dikonfirmasi karena saat dihubungi di telpon genggamnya ternyata tidak aktif.

Kadis Perhubungan Maluku, Ujir Halid mengemukakan sedang menunggu laporan dari Adpel Ambon. Sedangkan pencarian penumpang lainnya dikoordinasikan dengan Basarnas maupun masyarakat pesisir di Leihitu maupun Leihitu Barat.

Keluarga penumpang KM.Putri Ayu saat ini berada dalam keadaan resah di pelabuhan Slamet Riyadi Ambon guna mengecek perkembangan sanak saudara mereka. Terlihat sejumlah mobil ambulans juga telah parkir di halaman pelabuhan Slamet Riyadi Ambon.

Sumber : Antara