Jumlah Dosen Pensiun tak Sebanding dengan Pengangkatan

Senin , 02 Oct 2017, 12:33 WIB
Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)
Foto: theguardian.com
Dosen yang sedang mengajar para mahasiswa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Ravik Karsidi menuturkan jumlah dosen yang pensiun tidak sebanding dengan pengangkatan dosen. Alhasil hal ini kerap membuat universitas kekurangan dosen.

Hal ini dia sampaikan saat menghadiri rapat Panja  Tim Panitia Kerja Standar Nasional Perguruan Tinggi (SN DIKTI) di DPR, Kamis (28/9). Panja SN DIKTI Komisi X DPR RI menggelar rapat dengar pendapat dengan Rektor Universitas Sebelas Maret Solo (UNS), Rektor Universitas Tadulako Palu, Rektor Universitas Andalas Padang. Rapat ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi X DPR RI Feriansyah.

Home base dosen berbasis prodi menyebabkan rasio dosen dan mahasiswa menjadi besar, Homebase dosen mungkin lebih baik ditingkat fakultas,” ucap dia.

Ravik juga menyinggung mengenai e-learning. Menurutnya, dalam SN DIKTI tidak secara eksplisit menjelaskan aturan e-learning. Padahal e-learning merupakan suatu kebutuhan dalam proses pembelajaran. “UNS saat ini sedang mempersiapkan SK rektor tentang Blended Learning,” kata dia.