Rabu , 22 Februari 2017, 17:19 WIB

Beginilah Cara PLN Rekrut Pegawai Baru

Red: Hiru Muhammad
dok PLN
Salah satu tes penerimaan karyawan baru PLN
Salah satu tes penerimaan karyawan baru PLN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PLN akan menggunakan sistem baru dalam menerima karyawan, yakni dengan  sistem member online melalui Aplikasi berbasis Web. Aplikasi ini memungkinkan siapapun untuk melihat tentang rekrutmen PLN dan lowongan yang dibuka.

Dengan sistem ini pelamar darimanapun tidak perlu hadir dan memberikan berkas lamaran seperti sebelumnya. Pelamar cukup masuk ke aplikasi dan mendaftar sebagai member dengan menyiapkan soft copy KTP, ijazah, transkrip akademik, akte kelahiran, dan sertifikasi kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL ITP, TOEFL IBT, TOEFL prediction, TOEIC dan IELTS).

“Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan peserta dalam mendaftar dan memantau hasil tes mereka dimanapun dan kapanpun," kata Kepala Satuan Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) I Made Suprateka melalui keterangan tertulisnya Rabu (22/2). Bagi PLN pola aplikasi ini meningkatkan pengelolaan rekrutmen yang lebih profesional, cepat dan transparan. Dengan database tunggal, PLN dapat meningkatkan akurasi data secara real time.

PLN sendiri akan membuka rekrutmen pegawai jenjang S1, D-IV, dan D-III di Career Days Universitas Gajah Mada (UGM) ke-21. Pada acara yang berlangsung di Jogja Expo Center (JEC) tanggal 25 – 26 Februari 2017 ini, PLN  akan mengoperasikan sistem  rekrutmen baru tersebut.

Sistem rekrutmen baru ini diharapkan dapat memudahkan PLN dalam menjaring tenaga muda yang unggul, mengingat tahun ini PLN masih membutuhkan tambahan 6.056 pegawai untuk mengejar rasio elektrifikasi di tahun 2019. 

Rekrutmen jenjang S1/D-IV diperuntukkan bagi jurusan Teknik Mesin, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Lingkungan, dan Teknik Industri. Rekrutmen jenjang D-III  diperuntukkan bagi jurusan Teknik Mesin, Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Elektro, Teknik Sipil, dan Teknik Kimia. "Rekrutmen kali ini dikhususkan bagi jurusan teknik,” kata Made.

Tes seleksi diselenggarakan di tujuh kota, yakni Yogyakarta, Makassar, Denpasar, Bandar Lampung, Pekanbaru, Balikpapan, dan Manado.  Pada career days ke-21 PLN bersama Anak Perusahaan akan memberikan pemaparan terkait profil perusahaan, tips dan trik mengikuti tes rekrutmen, dan tanya jawab dengan para pencari kerja

 

 

Berita Terkait