Kamis , 21 March 2013, 10:27 WIB

BEI Hentikan Sementara Perdagangan Saham Gunung Agung

Red: Nidia Zuraya
Antara
Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, ilustrasi
Perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara (suspensi) perdagangan saham PT Toko Gunung Agung Tbk (TKGA) lantaran terjadi peningkatan harga kumulatif yang signifikan.

Kadiv Perdagangan Saham BEI, Andre PJ Toelle dalam keterbukaan informasi di Jakarta, Kamis (21/3), menyebutkan perdagangan saham TKGA disuspen mulai sesi I perdagangan Kamis (21/3) sampai pengumuman bursa lebih lanjut. Dia menambahkan harga kumulatif saham TKGA naik signifikan sebesar Rp 440 atau 141,94 persen yaitu dari harga penutupan Rp 310 pada 14 Maret 2013 menjadi Rp 750 per saham pada 20 Maret 2013.

Menurutnya suspensi ini dilakukan dalam rangka cooling down di pasar reguler dan pasar tunai dengan tujuan memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang keputusan investasinya. Sebelumnya pada Rabu (20/3) BEI telah mengawasi dan mencermati aktivitas dan pergerakan harga saham TKGA lantaran terjadi peningkatan harga dan aktivitas transaksi di luar kewajaran (unusual market activity/UMA).

Sumber : Antara