Sabtu , 19 August 2017, 00:13 WIB

Mendag: Investasi Alibaba akan Picu Peningkatan Perdagangan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nur Aini
REUTERS
Alibaba Grup (ilustrasi)
Alibaba Grup (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita merespons positif investasi dari Alibaba untuk perusahaan e-commerce Indonesia, Tokopedia. Ia optimistis masuknya investasi tersebut akan berdampak positif pada pertumbuhan sektor perdagangan di Indonesia.

"(Investasi) itu bagus, karena suatu keniscayaan yang tidak bisa dihindari. Itu  akan meningkatkan perdagangan pada akhirnya," kata Mendag, pada wartawan, Jumat (18/8).

Ia juga meyakini masuknya investasi senilai lebih dari Rp 14 triliun pada sebuah e-commerce tidak akan menjadi ancaman buat sektor ritel. Memang, kata dia, akan ada persaingan yang ketat antara ritel dengan niaga elektronik. Namun keduanya akan tetap tumbuh.

"Buktinya Matahari Departement Store dan mataharimall.com. Storenya meningkat, mataharimall.com meningkat. Padahal barang yang sama yang diambil," ujarnya.

Sebelumnya, informasi mengenai investasi Alibaba diumumkan langsung oleh CEO Tokopedia William Tanuwijaya dalam acara selebrasi ulang tahun perusahaannya yang ke delapan pada 17 Agustus lalu. Saat memberikan sambutan, William mengungkap bahwa Tokopedia mendapat tambahan permodalan sebesar 1,1 miliar dolar AS atau setara lebih dari Rp 14 triliun dari Alibaba Group.