Senin , 19 Juni 2017, 14:55 WIB

BI: Inflasi Jelang Lebaran Stabil

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nidia Zuraya
Pengertian-Definisi.Blogspot.com
Inflasi, ilustrasi
Inflasi, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) meyakini tingkat inflasi menjelang Lebaran 2017 masih dalam batas wajar. Gubernur BI Agus Martowardojo menyebutkan, tingkat inflasi bulanan hingga pekan kedua Juni 2017 sebesar 0,5 persen.

Dengan demikian tingkat inflasi tahunan pada pekan kedua Juni 2017 masih sebesar 4,17 persen, atau lebih rendah dibanding periode yang sama yakni 4,33 persen. "Kami lihat pengendalian inflasi dilakukan dengan baik terutama pasokan yang memadai," ujar Agus ditemui di Kementerian Keuangan, Senin (19/6).

Agus menyebutkan, BI juga belum melihat adanya risiko inflasi yang berlebihan dari rencana kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Sementara untuk efek dari penyesuaian tarif listrik untuk sebagian golongan 900 Volt Ampere (VA), imbas terhadap inflasi akan terasa pada akhir Juni mendatang.

"Ini menunjukan insya Allah inflasi terjaga. Kami apresiasi pemerintah pusat dan Pemda jaga stabilitas inflasi dengan sediakan pasokan, sehingga pasokan sangat memadai," katanya.

 

Berita Terkait