Jumat , 21 April 2017, 15:08 WIB

Sandiaga Mulai Bicara Rumah DP Nol Persen

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nidia Zuraya
Republika/Dadang Kurnia
Sandiaga Salahuddin Uno menjawab pertanyaan pers seusai berjamaah shalat Jumat di Masjid At-Taqwa, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/4)
Sandiaga Salahuddin Uno menjawab pertanyaan pers seusai berjamaah shalat Jumat di Masjid At-Taqwa, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/4)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berharap pengembang yang nantinya dipercaya menjalankan program rumah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen tidak mengambil untung terlalu besar. Sebab, dikhawatirkan rumah yang dibangun untuk program tersebut nantinya tidak maksimal jika sang pengembang mengambil keuntungan terlalu besar.

"Kalau ngambil untung terlalu banyak, akhirnya rumah yang dibangun kualitasnya tidak baik, dan akhirnya yang dirugikan warga juga," kata Sandi di Masjid At-Taqwa, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (21/4).

Sandi menambahkan, rumah yang dibangun juga nantinya tidak dijual kepada sembarangan orang. Menurutnya, rumah tersebut harus dipastikan terjual kepada warga Jakarta yang benar-benar belum memiliki rumah.

"Saya harus pastikan bahwa ini program dikhususkan untuk yang belum memiliki rumah dan memilili mimpi untuk memiliki rumah," kata Sandi.

Sandi kemudian mengaku, sudah ada beberapa perusahaan yang siap belerja sama dalam merealisasikan program rumah DP nol persen tersebut. Namun, perusahaan-perusahaan tersebut siap bekerja sama jika payung hukumnya sudah jelas.

"Ada beberapa perusahaan yang sudah menyatakan secara terbuka tertarik. Ada beberapa yang menyatakan mereka bisa menyediakan pola rumah dengan DP nol persen ini jika nanti perdanya sudah bisa dihadirkan," ujar Sandi.