Kamis , 20 April 2017, 20:23 WIB

BI Sebut DP Rumah Nol Persen Bisa Diwujudkan, Asal...

Rep: Sapto Andika Cahya/ Red: Andi Nur Aminah
Antara
Rumah sederhana (ilustrasi)
Rumah sederhana (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Indonesia (BI) memberikan sinyal bahwa program Kredit Perumahan Rakyat (KPR) dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen bisa saja diwujudkan. Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Tirta Segara menjelaskan, janji kampanye yang dilontarkan pasangan gubernur terpilih (secara hitung cepat) Anies Baswedan dan Sandiaga Uno ini bisa berjalan asal ada jaminan dari pemerintah. 

Hanya saja, Tirta menolak menjelaskan seperti apa jaminan pemerintah yang ia maksud demi mewujudkan program DP rumah nol persen tersebut. "Saya tidak mau komentar. Regulasi tetap berlaku. Kalau dijamin pemerintah bisa saja. Tapi saya belum bisa diberikan informasi lebih. Dibaca dulu nanti aturannya," jelas Tirta di Bank Indonesia, Kamis (20/4). 

Seperti diketahui, masyarakat DKI Jakarta sedang menanti realisasi janji kampanye terkait DP rumah nol persen. Hingga saat ini juga perbankan masih menunggu aturan dari Bank Indonesia (BI), untuk menjalankan program tersebut. Alasannya, pada program yang diperuntukkan bagi masyarakat luas itu, perbankan akan menalangi DP calon debitur.

 

(Baca Juga: Lippo Tertarik Realisasikan Program Rumah DP Nol Persen)