Kamis , 20 April 2017, 01:43 WIB

Wapres AS Datang ke Indonesia Saat Pilkada DKI, Ini Kata Luhut

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nur Aini
REUTERS/Joshua Roberts
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden Amerika Serikat, Mike Pince mengunjungi Indonesia, Rabu (19/4). Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumberdaya, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan momen kedatangan Wapres AS bertepatan dengan Pilgub DKI, maka ia meminta masyarakat untuk bisa menjaga keadaan agar tetap kondusif.

"Ini kematangan kita berdemokrasi, harus kita jaga. Nanti malam Wapres Amerika kemari. Nanti malam sekitar jam 20.00 WIB. Kita tunjukkan, jangan demokrasi kita yang sudah bagus karena suatu hal jadi ramai, apapun hasilnya," kata Luhut usai melakukan pemungutan suara di TPS 03, Mega Kuningan, Rabu (19/4).

Luhut mengatakan dengan menunjukkan kondisi yang kondusif saat pilkada berarti menunjukan kepada dunia bahwa demokrasi di Indonesia sudah berjalan dengan matang. Ia mengatakan, hal ini merupakan salah satu poin penting untuk kemajuan Indonesia.

Menurutnya, kedatangan Mike Pince ke Indonesia akan membahas banyak hal. Ia mengatakan, kedatangan Mike Pince untuk membicarakan hubungan bilateral kedua negara. "Ya, akan bahas macam macam, politik, isu South China Sea (laut cina selatan) juga masalah ekonomi," ujar Luhut.

Salah satu pembahasan ekonomi yang akan dibicarakan pemerintah Indonesia dengan Mike Pince adalah terkait defisit perdagangan Indonesia dengan Amerika Serikat. Ia mengatakan, AS mengklaim bahwa Indonesia termasuk urutan nomor 15 sebagai negara yang membuat defisit perdagangan AS.