Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Friday, 10 Ramadhan 1439 / 25 May 2018

Indonesia Perkuat Kerja Sama Ekonomi di IORA

Rabu 08 March 2017 02:11 WIB

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Budi Raharjo

Pengunjung mengamati produk yang dipamerkan di sela KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) di JCC Senayan, Jakarta, Senin (6/3).

Pengunjung mengamati produk yang dipamerkan di sela KTT Indian Ocean Rim Association (IORA) di JCC Senayan, Jakarta, Senin (6/3).

Foto: Antara/Wahyu Putro A

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Indonesia memperkuat kerja sama ekonomi dan politik dengan sejumlah negara anggota  Indian Ocean Rim Asscociation (IORA). Kerja sama ekonomi ini ditandai dengan pertemuan bilateral antara Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla dengan sejumlah kepala negara India, Oman, Somalia, Singapura, dan Tanzania.

"Semua negara-negara disamping meningkatkan bilateral kita juga banyak pembicaraan tentang kemungkinan hubungan ekonomi, disamping justru mereka meminta supaya kita datang ke negaranya," ujar Jusuf Kalla di Jakarta, Selasa (7/3).

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Indonesia juga menawarkan diri untuk membantu Somalia yang sedang mengalami masalah kelaparan. Jusuf Kalla menyatakan, dalam pertemuan bilateral dengan Somalia dia membahas mengenai konflik-konflik yang terjadi di negara tersebut dan permasalahan lainnya.

Menurut Jusuf Kalla, sudah saatnya Indonesia ikut mengulurkan bantuan. "Bagaimana cara Indonesia membantu ya nanti kita bicarakan, tapi yang penting kita harus membantu negara-negara seperti itu, kita sudah waktunya tangan di atas," kata Wapres.

Diketahui dokumen yang paling utama yakni IORA Concord dan juga disebut sebagai Jakarta Concord, merupakan dokumen strategis yang berisi visi dan norma kerja sama IORA ke depannya. Hal ini juga untuk memperkuat arsitektur regional dalam menghadapi tantangan di kawasan. Jusuf Kalla mengatakan, concord tersebut yakni dalam hal menjaga keamanan di masing-masing wilayah.

Indonesia sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin IORA mengangkat tema Memperkuat Kerja Sama Maritim untuk Kawasan Samudera Hindia yang Damai, Stabil, dan Makmur. Dalam hal ini Indonesia mendorong kerja sama maritim antar negara anggota IORA untuk upaya menciptakan kawasan Samudera Hindia yang aman, stabil, dan bebas dari konflik.

KTT IORA merupakan kegiatan internasional yang diikuti negara-negara pesisir yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. "Kita kan baru summit pertama jadi secara keseluruhan bagaimana bekerja sama di berbagai bidang," kata Jusuf Kalla.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA