Misbakhun: Tax Amnesty Bisa Memulihkan Ekonomi Nasional

Selasa , 26 Jul 2016, 14:35 WIB
tax aamnesty.ilustrasi
Foto: tribune.com.pk
tax aamnesty.ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun meyakini tax amnesty atau pengampunan pajak yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo akan bisa menarik dana dari luar negeri untuk masuk ke dalam sistem keuangan Indonesia. Ia juga optimistis kebijakan ini akan bisa memulihkan perekonomian nasional.

''Apa yang menjadi keyakinan bapak presiden Jokowi bahwa UU Amnesti Pajak akan bisa memperbaiki dan memulihkan ekonomi nasional sudah sangat tepat dan didasarkan pada analisa yang mendalam dan mempunyai dasar argumentasi yang valid. Ekonomi akan tumbuh dan yang utama aktivitas ekonomi yang dihasilkan oleh dana WNI yang masuk dari luar negeri membayar pajaknya juga di Indonesia,'' kata Misbakhun.

Politisi Golkar ini menjelaskan, likuiditas dalam jumlah besar bisa dipakai untuk memperbaiki sektor riil melalui kredit yang disalurkan oleh dunia perbankan dan lembaga keuangan yang ada ke dunia usaha.

Selanjutnya, kata dia, sektor riil yang tumbuh akan memperbaiki pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja. Masalahnya, kata Misbakhun, likuiditas keuangan di dalam negeri saat ini sangat terbatas. Imbasnya adalah terhambatnya laju pertumbuhan ekonomi.

''Dana dari luar negeri milik WNI yang masuk ke dalam sistem keuangan di Indonesia juga akan memperbaiki dan memperkuat nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing. Dana-dana tersebut bisa juga langsung diinvestasikan pada instrumen investasi seperti Surat Berharga Negara, obligasi BUMN, obligasi swasta dan surat utang swasta lainnya,'' ulasnya.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak itu lantas menyodorkan itung-itungan soal tax amnesty. Andai ada Rp 2000 triliun saja dana repatriasi dari luar negeri yang masuk ke dalam sistem keuangan di Indonesia, maka imbasnya akan sangat luar biasa.

''Apalagi kalau jumlah tersebut ditambah dengan hasil deklarasi harta dalam negeri yang diharapkan mencapai Rp 4.000 triliun,'' katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Misbakhum memuji kegigihan Jokowi yang turun langsung memberi pemahaman tentang pengampunan pajak atau tax amnesty. Hal tersebut dilakukan Jokowi ketika bertemu dengan relawan pendukungnya untuk menebarkan optimisme tentang tax amnesty. ''Optimisme Jokowi itu merupakan hal masuk akal,'' ujarnya.

Sumber : Antara