Senin, 28 Januari 2013, 15:45 WIB

Hatta: Tim Pengendali Inflasi Daerah Bekerja

Rep: Esthi Maharani/ Red: Nidia Zuraya
Antara
Hatta Rajasa
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menilai inflasi hingga saat ini masih terkendali, cukup baik, dan jauh di bawah sasaran atau target 2012. Kondisi ini, menurutnya tidak terlepas dari peran tim pengendali inflasi di daerah.

“Kita bersyukur bahwa tim pengendali inflasi daerah bekerja dengan baik,” kata Hatta saat ditemui di sela-sela Rapat Kerja Pemerintah, Senin (28/1).

Menurutnya, hal yang paling rawan yang memungkinkan terjadi inflasi di derah yakni harga pangan pokok. “Ini yang kita jaga supaya cukup. Jadi, inflasi itu salah satu yang harus kita kendalikan. Kita monitor dengan baik,” katanya.

Dalam Rapat Kerja Pemerintah, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan resesi ekonomi global masih akan terus berlangsung. Selain itu, Presiden SBY mengingatkan adanya persoalan di kesehatan fiskal serta masih ada masalah menyangkut kebijakan dan implementasi APBN dan APBD. Karena itu, ia meminta agar ketiganya dikelola dengan baik.

Termasuk mengelola inflasi terutama stabilitas harga pangan dan bahan pokok lainnya. Menurutnya, inflasi adalah musuh yang paling besar dalam perekonomian.

loading...