Senin , 06 February 2012, 20:08 WIB

Ekspansi, Pertamina Bidik Pasar Pelumas Amerika

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Pelumas kendaraan produk Pertamina
Pelumas kendaraan produk Pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Pertamina tengah menjajaki ekspansi pasar pelumas ke Amerika Serikat tahun ini, baik untuk segmen industri maupun otomotif, guna memperkuat citra merek di pasar internasional maupun domestik.

"Kami akan masuk ke pasar pelumas melalui Seattle. Kalau ini berhasil maka akan memperkuat citra produk pelumas Pertamina di pasar internasional maupun domestik," kata Wakil Presdir PT Pertamina Lubricants Supriyanto, DH, di Jakarta, Senin (6/2).

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menjajaki kerja sama dengan perusahaan setempat untuk membangun pabrik pencampuran minyak untuk pelumas. "Sudah ada penawarannya," kata Supriyanto. Rencananya, kata dia, AS akan menjadi "hub" untuk membangun jejaring pemasaran ke wilayah Amerika lainnya.

Selain Amerika Serikat, pihaknya juga akan membuka jejaring pemasaran di Spanyol, melalui kerja sama dengan perusahaan di negara tersebut. "Namun di Spanyol, kami tidak menggunakan merek sendiri, melainkan merek co-branding dengan perusahaan di sana," ujarnya.

Model kerja sama dengan perusahaan setempat dalam memperluas akses pasar tersebut, diakuinya, akan dilakukan pada beberapa negara, terutama di negara yang menjadi pintu masuk pemasaran negara-negara lainnya.

Sumber : Antara