Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

Rabu, 9 Sya'ban 1439 / 25 April 2018

PT Inka Siapkan 13 Trainset Kereta Bandara

Rabu 03 Januari 2018 05:45 WIB

Red: Nidia Zuraya

Kereta Api Bandara Melintas menuju Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, Kamis (28/12).

Kereta Api Bandara Melintas menuju Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, Kamis (28/12).

Foto: Republika/Iman Firmansyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Industri Kereta Api (Inka) menyiapkan 13 trainset untuk Kereta Bandara di tiga kota di Indonesia yakni Jakarta, Solo, dan Padang. "Kami siap memasok 13 trainset untuk tiga bandara di Indonesia yakni Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Adi Soemarmo, dan Bandara Internasional Minangkabau," kata Direktur Keuangan dan SDM PT Industri Kereta Api (Inka) Muhammad Nur Sodiq dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (3/1).

Ia menegaskan, penggarapan kereta bandara dilakukan dengan sangat serius. Bahkan pihaknya pun menggandeng industri kereta asal Jerman, Bombardier, dari mulai proses desain kereta hingga pengerjaannya.

"Kereta terbaik kita akan hadirkan. Tentunya kita harus persiapkan dengan matang. Kami ingin memberikan yang terbaik untuk melayani lintas internasional termasuk untuk menunjang pariwisata secara nasional," katanya.

Inka sudah mendapatkan proyek kereta bandara sebesar 200,07 miliar dolar AS untuk ke-13 kereta bandara tersebut. Rinciannya, sebanyak 200 miliar dolar AS untuk 3 trainset di Bandara Internasional Minangkabau dan Bandara Internasional Adi Soemarmo.

Sedangkan sebanyak 70 juta dolar AS untuk 10 trainset di Bandara Soekarno Hatta. "Itu untuk tahap pertama. Nanti ke depan kebutuhannya akan semakin meningkat," katanya.

Rencananya untuk kereta bandara di Bandara Adi Soemarmo akan diserahkan pada April 2018. Sedangkan untuk kereta bandara di Bandara Minangkabau akan mulai diserahkan sekitar akhir Februari atau awal Maret 2018.

Sementara total pendapatan yang dibidik oleh Inka pun pada tahun ini mencapai Rp 2,5 triliun pada 2018. Nominal itu tumbuh dari capaian mereka tahun lalu sebesar Rp 1,8 triliun.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES