Rabu , 15 November 2017, 09:50 WIB

Perkuat Logistik, Pelni Bersinergi dengan BUMD

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Antara/Izaac Mulyawan
Kapal Motor (KM) Lambelu milik PT Pelni
Kapal Motor (KM) Lambelu milik PT Pelni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Corporate Secretary PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Didik Dwi Prasetio mengungkapkan saat ini sudah melakukan sinergi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Didik mengatakan saat ini Pelni sudah bekerja sama dengan BUMD Jawa Tengah, PD Citra Mandiri Jawa Tengah.

"Kerja sama ini kami lakukan untuk memperkuat usaha di bidang logistik dan freight forwarding," kata Didik dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Republika, Rabu (15/11).

Didik menuturkan ada beberapa poin penting yang akan dilakukan dalam kerja sama tersebut. Hal itu, kata dia, dipastikan setelah melakukan penandatanganan dalam nota kesepahaman yang dilakukan antara Pelni dan PD Citra Mandiri Jawa Tengah.

Dia memastikan ada tiga poin penting yang ada dalam penandatanganan tersebut. "Diantaranya bidang container freight station, bidang pengangkutan, dan pendistribusian kargo dari pelabuhan asal ke pelabuhan tujuan serta kegiatan jasa logistik dan pergudangan," jelas Didik.

Didik menilai kerja sama tersebut akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak. Ke depan, lanjut dia, Pelni juga akan menambah kerja sama serupa di daerah lain di Indonesia.

"Ini kami lakukan untuk memperkuat jaringan logistik PT Pelni yang didukung dengan armada kapal yang menyinggahi lebih dari 90 pelabuhan di Nusantara," ujar Didik.

PD Citra Mandiri Jawa Tengah merupakan BUMD yang bergerak di bidang pertanian, perindustrian, perdagangan, pariwisata, dan jasa. Unit usaha PD Citra Mandiri Jawa Tengah diantaranya adalah apotek, pabrik es, hotel, SPBU, hingga percetakan.

Saat ini PT Pelni mengoperasikan tujuh kapal Tol Laut dengan total kapasitas angkut mencapai 1.505 TEUs. Selain itu Pelni juga mengoperasikan 26 kapal penumpang yang beberapa diantaranya memiliki ruang muat kontainer dan reefer kontainer.