Kamis , 02 November 2017, 20:00 WIB

BRI Jabar-Telkomsel Targetkan Pertumbuhan Brilink

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda
Agen BRILink
Agen BRILink

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Bank Rakyat Indonesia (BRI) Wilayah Bandung, Jawa Barat (Jabar), menjalin kerja sama dengan Telkomsel, Kamis (2/11). Menurut Direktur Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) BRI, Priyastomo, kerja sama dengan Telkomsel ini dijalin karena BRI dan Telkomsel sama-sama memiliki bisnis ke agenan yang unit bisnisnya meluas hingga ke pelosok.

"Kami punya unit bisnis keagenan yang luas sampai ke pelosok-pelosok. Telkomsel juga sama, agen yang menjual pulsa sampai ke pelosok jadi kenapa kita nggak bersinergi," ujar Priyastomo kepada wartawan.

Menurut Priyastomo, kerja sama ini akan menjadi lebih bagus karena BUMN saling disinergikan. Jadi, masing-masing agen bisa membentuk penjualan bisnis bersama. Yakni, agen Brilink bisa menjadi agen Telkomsel dalam bentuk pengisian pulsa. Termasuk, untuk pembelian voucher perdana.

"Targetnya pertumbuhan Brilink, diawal bisa naik 20 persen sudah bagus," katanya.

Priyastomo mengatakan, ia optimistis bisnis Brilink dan agen pulsa Telkomsel bisa terdongkrak. Sebab, dalam bertransaksi akan lebih mudah tak harus dengan uang tunai. Sehingga agen Brilink nanti bisa menjalankan perbankan seperti tansfer pembayaran listrik, PAM, hingga pengisian.

"Mereka, UMKM yang harus kita buat lebih besar dan besar. Ya, mungkin dulu mikro, dengan biaya Rp 20 juta sampai Rp 50 juta setelah dibantu nanti bsa berkembang Rp 500 juta, naik terus jadi retail," katanya.

Kerja sama ini, kata dia, untuk sementara memang baru dilakukan di Jabar dulu. Namun, nanti setelah sukses akan diterapkan ke daerah lain. Sehingga, Jabar jadi pilot project kerja sama ini.

"Agen Brilink di Jabar saat ini 12.300. Itu nanti mereka akan ikut jual pulsa. Agen Telkomsel juga akan jadi agen Brilink," katanya.

Menurut Pimpinan Wilayah BRI Bandung, M Fankar Umran, setelah kerja sama ini, BRI akan memberikan layanan pick up service. Jadi, nanti uang yang terkumpul dari agen penyetorannya bisa dijemput. Layanan ini, muncul untuk menekan risiko kehilangan atau pencurian

"Kalau ada yang mengambil setoran kan lebih aman dan lebih praktis," katanya.

Di tempat yang sama, Vice President Sales and Marketing Area Jabotabek Jabar PT Telkomsel, Agus Mulyadi, mengatakan saat ini Telkomsel telah memiliki Tcash sebuah produk di bidang finance. Nantinya, pengisian TCash bisa dilakukan di semua ATM BRI.

"Ke depan kami pun akan kembangkan internet banking. Internetnya pakai Telkomsel, bankingnya pakai BRI," kata Agus seraya mengatakan, Telkomsel dan BRI pun akan menggelar event joint promo di setiap kegiatan.