Rabu , 01 November 2017, 17:44 WIB

BRI Gandeng ASDP untuk Layanan Jasa Perbankan

Rep: Binti Sholikah/ Red: Elba Damhuri
Republika/Agung Supriyanto
 Pekerja melihat menu layanan melalui layar sentuh digital BRI di Gedung BRI, Jakarta, Selasa (1/11).
Pekerja melihat menu layanan melalui layar sentuh digital BRI di Gedung BRI, Jakarta, Selasa (1/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjalin kerja sama strategis dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengenai pemanfaatan jasa layanan fasilitas perbankan. Kerja sama tersebut diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) yang diselenggarakan di Kantor Pusat ASDP, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (1/11).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Kredit Menengah, Korporasi dan BUMN Bank BRI Kuswiyoto dan Direktur Komersial PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Yusuf Hadi, yang disaksikan oleh Direktur Hubungan Kelembagaan Bank BRI Sis Apik Wijayanto dan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi.

Sekretaris Perusahaan BRI, Hari Siaga Amijarso, mengatakan kerja sama tersebut sejalan dengan program Kementerian BUMN untuk mendorong terciptanya kerja sama strategis antarlembaga BUMN. Arah kerja sama ini menuju digitalisasi dan produktivitas bisnis BUMN dan bertujuan pada efisiensi dan efektivitas bisnis perseroan.

"Kerja sama ini meningkatkan volume dan kualitas bisnis masing-masing pihak ke depan," kata Hari Siaga melalui siaran pers. Hari Siaga menambahkan, sinergi tersebut diharapkan agar masyarakat luas akan semakin merasakan kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat.

Dalam rangkaian acara tersebut, Bank BRI dan ASDP melakukan dua penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). Masing-masing mengenai Layanan BRIVA Online pada e-ticketing ASDP yang ditandatangani oleh Direktur Hubungan Lembaga Bank BRI Sis Apik Wijayanto dan Direktur Komersial PT ASDP Indonesia Ferry Yusuf Hadi.

Selain itu, kerja sama mengenai penerbitan kartu BUMN pegawai ASDP yang ditandatangani oleh Direktur Hubungan Lembaga Bank BRI Sis Apik Wijayanto dan Direktur SDM dan Umum PT ASDP Indonesia Ferry Wing Antariksa.

Ruang lingkup kerja sama tersebut nantinya mencakup penyediaan layanan dan pemanfaatan produk dan jasa perbankan, seperti pemberian kredit modal kerja dan investasi, upgrade layanan payroll, penerbitan kartu identitas pegawai BUMN-ASDP. Juga, layanan pembayaran ticketing online, sistem pembayaran elektronik, co-branding BRIZZI, dan layanan pembiayaan penyediaan bahan bakar serta layanan perbankan lainnya.

Yusuf Hadi menyatakan kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi positif bagi peningkatan kinerja bisnis masing-masing perusahaan. "Khususnya PT ASDP akan sangat terbantu dalam hal pengelolaan keuangan perusahaan guna mewujudkan visi perusahaan, agar menjadi peusahaan jasa pelabuhan dan penyeberangan yang terbaik dan terbesar di tingkat regional, serta mampu memberikan nilai tambah bagi stakeholders," jelas Yusuf Hadi.

Hari Siaga menambahkan BRI siap melayani ASDP melalui layanan perbankan yang teintegrasi dari hulu ke hilir untuk semua lini bisnis ASDP di seluruh Indonesia. Kegiatan ini juga akan mendukung akselerasi program cashless society atau Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang telah dicanangkan oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, kerja sama ini juga diharapkan mampu meningkatkan mobilitas masyarakat yang tinggal di pesisir atau di daerah tepian perairan sehingga dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan. Selama ini, BRI telah menjadi bank operasional ASDP dan telah melayani kebutuhan ASDP.