Jumat , 13 October 2017, 17:34 WIB

Jasa Marga Terbitkan Obligasi Senilai Rp 1,5 Triliun

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
article.wn.com
Jasa Marga
Jasa Marga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga melalui anak perusahannya yaitu PT Marga Lingkar Jakarta mengeluarkan obligasi. Corporate Secretary Jasa Marga M Agus Setiawan mengatakan obligasi yang dikeluarkan melalui anak perusahaan itu disebut Project Bond senilai Rp 1,5 triliun.

"Project Bond ini pertama kalinya dilakukan oleh anak usaha Jasa Marga untuk Ruas Tol JORR W2 Utara atau Kebon Jeruk-Ulujami yang telah beroperasi penuh sejak tahun 2014," kata Agus, Jumat (13/10).

Penerbitan obligasi tersebut dilakukan karena saat ini Jasa Marga memiliki 18 ruas tol baru yang sebagian besar masih dalam tahap pembangunan. Sementara beberapa ruas lainnya sudah mulai beroperasi.

Agus mengatakan jalan tol merupakan bisnis jangka panjang sehingga membutuhkan alternatif pendanaan yang sesuai dengan karakteristiknya. "Salah satu alternatif pendanaan yang dilakukan adalah dengan penerbitan Project Bonds ini," jelas Agus.

Dia menuturkan obligasi tersebut bertujuan agar perusahaan mendapatkan bunga yang tetap selama periode pinjaman. Begitu juga dengan pembayaran pokok atas pinjaman dapat menyesuaikan kemapuan cash flow nya.

Instrumen Project Bond tersebut dinamakan Obligasi I Marga Lingkar Jakarta Tahun 2017. Obligasi tersebut dibagi dalam lima tranche dan memiliki beberapa jangka waktu yaitu Seri A tiga tahun, Seri B lima tahun, seri C tujuh tahun, dan Seri D 10 tahun. tahun, Seri E 12 tahun. Hasil pemeringkatan telah diperoleh dari PT Pemeringkatan Efek Indonesia dengan hasil Triple A Structured Finance.

Berita Terkait