Selasa , 28 April 2015, 14:51 WIB

Uji Coba Layanan Keuangan Mikro, Outstanding BNI Rp 342 Juta

Rep: C87/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Republika/ Yasin Habibi
 Karyawan berada di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, Senin (13/4).(Republika/ Yasin Habibi)
Karyawan berada di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta, Senin (13/4).(Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat hasil uji coba layanan keuangan mikro dan SiPintar produk Tabunganku yang diikuti 12 Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Dalam layanan tersebut PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mencatat penjualan produk Tabunganku sebanyak 387 rekening dengan total outstanding sebesar Rp 342 juta.

Terkait produk asuransi, BNI bekerja sama dengan mitra bisnis equity life untuk produk asuransi SERU. Jumlah polis terjual sebanyak 200 polis dengan total outstanding sebesar Rp 10 juta. Sedangkan untuk reksadana, BNI bekerja sama dengan BNI Asset Manajement dan Bahana Dana Likuid untuk produk reksadana BNI AM Dana Berbunga Tinga, BNI AM Dana Terencana, dan Bahana Dana Likuid.

"Pilot Project layanan SiPintar telah dilakukan di Cirebon, Jakarta dan Solo. Saat ini, BNI sedang menyiapkan 30 cabang untuk dapat menyelenggarakan Laku Mikro dengan target 1.200 nasabah setiap bulan pada tahun 2015," ujar Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Kusumaningtuti S Soetiono di Jakarta, Selasa (28/4).

Sementara, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menjual produk dalam layanan SiPintar yakni Tabunganku, Emasku, dan Asuransi Bringin AJaib dengan total pengguna 46 orang. Penjualan produk SiPintar bekerja sama dengan mitra bisnis Pegadaian dan BRIngin Life. Lokasi uji coba yang telah dilaksanakan yakni Karangsong, Indramayu, dan Jakarta.

Sedangkan, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjual produk dalam layanan SiPintar yakni Tabungan MU, Kredit Mikro, dan Asuransi Mikro SiPeci Reguler dengan jumlah pengguna 70 orang. Mitra bisnis layanan SiPintar antara lain Asuransi AXA Mandiri Indonesia dan Mandiri Axa General Insurance.

Bank Mandiri telah melaksanakan uji coba di beberapa cabang, antara lain Pasar Anyar Tangerang, Pitara Depok, Pasar Bringharjo Yogyakarta, Tanjung Mojokerto, Panapu Makassar, AR Hakim Medan, dan Pasar Selong Mataram. Terkait jasa dan layanan konsultasi mikro, Bank Mandiri akan memberi tambahan satu fungsi seperti periksa dompet untuk melakukan konsultasi dengan menggunakan Mobil MU.

Sementara, PT Bank Central Asia Tbk menjual produk dalam layanan SiPintar yakni TabunganKu, EmasKu dan AsuransiKu dengan total pengguna 87 orang dengan mitra bisnis BCA Syariah dan BCA Insurance. Uji coba telah dilaksanakan di KCU Margonda Depojj, dengan mekanisme penjualan melalui penawaran paket SiPintar yang dilakukan oleh Costumer Service pada saat nasabah membuka rekening.