Sabtu , 08 May 2010, 00:00 WIB

BNI Syariah Kebut Dana Tabungan iB Bisnis

Rep: Yogie Respati/ Red: Budi Raharjo
Darmawan/Republika
BNI Syariah
BNI Syariah

JAKARTA--Tabungan iB Bisnis BNI Syariah menjadi salah satu produk andalan yang ditujukan bagi usaha kecil dan menengah serta profesional. Di tahun pertamanya, BNI Syariah menargetkan penghimpunan dana sekitar Rp 5 miliar.

Pimpinan Syariah BNI, Rizqullah, mengatakan dengan adanya produk tersebut diharapkan dapat memperlancar dan membantu transaksi keuangan pengusaha UKM dan para profesional. 'Transaksi keuangan yang dilakukan pengusaha dan para profesional biasanya cukup banyak dan tabungan iB Bisnis ini membantu dengan mencatat transaksi keuangan secara mendetail,'' jelasnya.

Minimal pembukaan tabungan iB Bisnis ini sebesar Rp 500 juta dan diharapkan hingga akhir tahun ini BNI Syariah dapat memperoleh 500 rekening. ''Sisa tahun ini tinggal delapan bulan lagi dan kita harap bisa dapat 500 rekening dan dari segi nominal bisa sekitar Rp 5 miliar,'' ungkapnya.

Dalam pemasarannya, Rizqullah akan mem-bundling produk BNI Syariah lainnya dengan tabungan iB Bisnis ini, misalnya dengan produk pembiayaan Wira Usaha Syariah dan Tunas Usaha Syariah yang juga ditujukan bagi UKM. ''Bagi nasabah tabungan iB Bisnis juga mendapatkan kartu debit BNI Syariah Gold yang dapat digunakan untuk transaksi di merchant Mastercard di seluruh dunia jadi dengan demikian bisa memberi kemudahan bagi nasabah,'' jelasnya.

Dengan hadirnya tabungan iB Bisnis ini, jelas dia, juga diharapkan dapat mendongkrak porsi dana murah di tahun ini menjadi lebih dari 60 persen. Per Maret 2010, UUS BNI menghimpun DPK Rp 4,2 triliun dan sekitar Rp 2,5 triliun di antaranya merupakan dana murah. Sementara, asetnya tercatat Rp 5,49 triliun dan pembiayaan yang telah disalurkan Rp 3,2 triliun.