Kamis , 05 Oktober 2017, 20:03 WIB

Meikarta, Kota Sehat untuk Masyarakat Cerdas

Red: Budi Raharjo
Meikarta
Meikarta
Meikarta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Tak perlu kemana-mana bila ingin memperoleh pendidikan terbaik, hotel berkelas, dan rumah sakit terlengkap serta termodern. Cukup di Meikarta saja karena semua ada di sana.

Semua itu tentu saja untuk memanjakan warga Meikarta agar tak perlu risau pada pendidikan anak, gangguan kesehatan, dan kebutuhan untuk bersantai atau berbisnis. Meski berkelas internasional, berbagai fasilitas tersebut diperuntukkan bagi semua warga Meikarta agar kehidupan yang rukun dan damai selalu terjaga.

Maka tak akan mengherankan bila anak-anak di Meikarta akan tumbuh sebagai manusia yang sehat, cerdas, profesional, dan berwawasan internasional. Lippo Group sebagai pengembang Meikarta menyadari bahwa persaingan di masa depan akan semakin ketat di mana pemenangnya adalah mereka yang sehat secara jasmani dan rohani, serta memiliki skill berkelas internasional.      

Kini perjanjian kerja sama telah ditandatangani, dan semua persiapan telah matang untuk membangun Universitas Pelita Harapan (UPH), rumah sakit Siloam, dan hotel-hotel di bawah pengelolaan Langham Group Hospitality. Untuk para pelajar disediakan sekolah berkualitas tinggi yaitu Sekolah Pelita Harapan (SPH) dan Sekolah Dian Harapan (SDH). Sedangkan untuk berbelanja, Lippo Mall telah siap untuk membuka mal di Meikarta.   

UPH terpilih karena berkualitas dunia dan memiliki jaringan dengan berbagai universitas terkemuka di berbagai negara. Kini UPH telah menjalin kemitraan strategis (strategic partnerships) dengan National University of Singapore; Queensland University of Technology di Australia; Biola University di Amerika Serikat, Ilmenau University of Technology di Jerman, dan Xiamen University di Cina.

SPH dipilih Karena merupakan sekolah internasional dalam arti sesungguhnya. SPH diakreditasi oleh International Baccaulareate (IB) yang berbasis di Jenewa, Swiss. Bahasa pengantar di kelas adalah Inggris, dan diberikan oleh para guru dari luar negeri.

SDH dipilih karena merupakan sekolah yang dirancang untuk membuat muridnya pintar secara akademik, dan memiliki jiwa kepemimpinan dengan etika dan moral yang baik. Sekolah ini mengikuti kurikulum nasional meski memiliki fasilitas berstandar internasional.

Di bidang kesehatan, warga Meikarta akan dilayani oleh rumah sakit Siloam, yang merupakan jaringan rumah sakit terbesar di Indonesia. Siloam dikenal sebagai rumah sakit paling progresif dan inovatif di Indonesia.  Siloam juga terkenal karena menerapkan standar tinggi dalam melayani pasiennya.

Siloam terdiri dari 30 rumah sakit yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Untuk melayani sekitar dua juta pasien per tahun, Siloam ditangani oleh 400 dokter umum, 1.500 dokter spesialis, 7,200 perawat, dan staff lainnya.

Jumlah pasien Siloam adalah dua juta orang  per tahun. Demikian besarnya jumlah pasien ini membuktikan, meski berstandar internasional, Siloam membuka pintu lebar-lebar bagi masyarakat dari semua kelas ekonomi. Hal ini sesuai dengan visinya yaitu berkualitas internasional namum terjangkau, dan berlandaskan pada kasih Tuhan.

Di bidang perhotelan, kepercayaan diberikan kepada Langham Group Hospitality karena sudah berpengalaman 150 tahun dan memiliki reputasi terbaik di dunia. Langham bukanlah nama asing bagi para pebisnis dan selebriti papan atas dunia karena pelayanannya yang istimewa.       

Kehadiran Langham diperlukan karena di Meikrata akan sering kedatangan tamu dari berbagai penjuru nusantara dan dunia. Ini karena di Meikarta akan dibangun International Exhibition and Convention Center berkapasitas 200 ribu orang.

Untuk melayani para tamu yang akan datang secara silih berganti dan warga Meikarta sendiri, Lippo Group telah siap untuk membangun Lippo Mall. Kini terdapat 59 Lippo Mall di berbagai kota di Indonesia, yang masing masing berfungsi sebagai pusat perbelanjaan sekaligus tempat wisata kuliner dan bersantai.       

Pembangunan gedung raksasa untuk pameran dan konvensi, yang dilengkapi dengan mal bintang lima, sejalan dengan strategi kementerian pariwisata yang menjadikan bisnis MICE (meeting, incentives, convention, dan exhibition) sebagai produk unggulan periwisata nasional. Sedangkan berbagai event nasional maupun internasional di gedung megah ini tentu bisa menjadi bukti keberadaan Meikarta sebagai sebuah pusat bisnis baru di Indonesia.

Semua hal di atas tak lepas dari konsep dasar Meikarta sebagai sebuah permukiman yang lengkap dan berkualitas internasional. Sebuah permukiman yang damai, dan diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kesadaran tinggi pada pentingnya pendidikan, kesehatan, dan perekonomian yang berkembang secara berkesinambungan. (ril)

Berita Terkait