Kamis , 07 Februari 2013, 15:35 WIB

Nasib Pembangunan Bandara Yogya Belum Jelas

Rep: Nina Ridarineni/ Red: A.Syalaby Ichsan
Antara
Bandara Adisucipto Yogyakarta
Bandara Adisucipto Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Rencana pembangunan bandara di Kulonprogo ternyata hingga kini masih belum jelas.

Bahkan, rencana PT Angkasa Pura selaku pemrakarsa pembangunan bandara internasional di Yogyakarta untuk presentasi di hadapan Gubernur DIY yang sempat  diundur belum dijadwalkan lagi.

''Presentasinya saja belum. Katanya awal Februari ini, tetapi sampai sekarang belum ada kabar lagi,''kata Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X pada wartawan, di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (7/2).

Sultan  mengaku belum memiliki informasi apakah presentasi itu tentang detil gambar atau surat prosedurnya.  ''Mungkin belum jadi gambarnya, sehingga presentasinya diundur,''kata Sultan.

Lebih lanjut, Sultan menjelaskan, jika pihak pemrakarsa pembangunan bandara sudah melakukan presentasi, maka akan disepakati dimana lokasinya. Kemudian,  mengajukan permohonan untuk pembebasan tanah.

Sultan mengungkapkan,  sebelum dilakukan pembebasan tanah harus minta ijin ke departemen untuk persetujuan lokasi, sambil mengerjakan amdal.

''Jadi sampai sekarang target untuk dilaksanakan pembangunannya kapan belum tahu. Karena mereka (red. Angkasa Pura) yang mau investasi,''tutur dia.