Kamis , 14 June 2012, 03:08 WIB

Wuih, Prangko Indonesia Jadi Incaran Dunia, Mengapa?

Red: Endah Hapsari
rachmadrevanz.com
Prangko Indonesia (ilustrasi)
Prangko Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Prangko terbitan Indonesia dengan tema khusus menjadi incaran filatelis dunia karena keunikannya. "Saat ini lebih sulit mendapatkan prangko dengan tema khusus di dalam negeri karena sudah diborong filatelis dunia dan harganya sudah meningkat beberapa kali lipat," kata Ketua Umum Perhimpunan Filatelis Indonesia R.Soeyono.

Ia mencontohkan prangko dengan tema Naga Air yang diterbitkan saat memasuki tahun baru Imlek, dalam waktu singkat habis dan kini sulit untuk mendapatkan prangko tersebut di Indonesia. "Prangko-prangko tersebut sudah berada di tangan para kolektor dunia, seperti prangko tema Naga Air berada di Singapura", katanya.

Selain itu, sejumlah prangko Indonesia yang dicetak di atas batik garut dan kain tenun serta prangko bermotif "gunungan" yang dicetak di atas kulit saat ini sudah terjual hingga 90 persen, ujar Soeyono. "Dalam pameran filateli prangko-prangko unik. Tersebut akan dipamerkan dan tersisa 10 persen saja untuk diperebutkan," kata Soeyono.

Pameran yang berlangsung mulai tanggal 18-24 Juni di Balai Sidang Jakarta (JCC) juga akan memamerkan prangko kuno Hindia Belanda bernilai Rp 20 miliar terbitkan tahun 1864 yang memiliki cap pos Ngawi Jatim.

Sumber : antara

Berita Terkait