Sabtu , 16 September 2017, 09:18 WIB

Poso Raih Penghargaan Penyaluran Dana Desa Tercepat

Red: Endro Yuwanto
Antara
Pengunjung bertenda di kawasan eko wisata Telaga Tambing yang masuk kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Desa Sedoa, Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah.
Pengunjung bertenda di kawasan eko wisata Telaga Tambing yang masuk kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) di Desa Sedoa, Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID,  PALU -- Kabupaten Poso mendapat penghargaan dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Poso, sebagai kabupaten tercepat penyaluran dana desa tahun anggaran 2017 se-Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala KPPN Poso Basuki Rahcmat mengatakan, penghargaan itu seyogianya diberikan secara langsung oleh KPPN Poso kepada Bupati Poso Darmin Sigilipu. Namun dengan pertimbangan waktu, maka pemberian penghargaan itu diputuskan akan serahkan saat upacara tanggal 17 bulan berjalan pada Senin 18 September 2017.

Menurut Basuki, Kabupaten Poso tercepat penyaluran, dilihat dari persyaratan yang telah terpenuhi, seperti realisasi penggunaan dana desa minimal 75 persen telah mencapai 90 persen. Selain itu tercapainya keluaran atau output minimal 50 persen dari anggaran yang diterima desa. Sementara untuk kabupaten lain menurutnya, belum mencapai keluaran sebanyak 50 persen.

"Penghargaan ini diberikan, karena Poso merupakan tercepat penyaluran dana desa se wilayah Sulteng, kabupaten lain baru mencapai output sekitar 49 persen, artinya belum mencapai 50 persen," jelas Basuki.

Terkait dengan itu, Bupati Darmin Sigilipu memberikan apresiasi dan respons yang tinggi atas pemberian penghargaan tersebut. Menurutnya pemberian penghargaan merupakan hasil kinerja yang baik oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). "Kami sangat bersyukur atas pemberian penghargaan yang akan diberikan pada tanggal 17 nanti. Ini hasil kerja sama yang baik dan kinerja baik bagi seluruh OPD," katanya.

KPPN Poso bersama pemerintah daerah setempat akan melakukan pendampingan di dua desa untuk menjadi desa percontohan. Dua desa itu telah disepakati bersama yakni, satu desa yang akan mewakili di Kecamatan Poso Pesisir dan satu desa mewakili Kecamatan Lage.

Sumber : Antara

Berita Terkait