Ahad , 20 August 2017, 07:07 WIB

Bank Mandiri Terbitkan Kartu E-Money Edisi Asian Games

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nur Aini
Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas melayani penyetoran uang oleh nasabah di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6).
Petugas melayani penyetoran uang oleh nasabah di cabang Bank Mandiri Pertamina UPMS III, Jakarta, Rabu (28/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bank Mandiri meluncurkan kartu prabayar e-money edisi khusus legenda olah raga Indonesia dan maskot Asian Games. Peluncuran e-money ini untuk mengapresiasi prestasi pahlawan olahraga nasional dan menyemarakkan perhelatan akbar Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Direktur Government dan Institutional Bank Mandiri Kartini Sally menjelaskan, selain untuk meningkatkan ketertarikan masyarakat dalam menggunakan uang elektronik, penerbitan kartu e-money edisi premium ini juga diharapkan dapat mengakselerasi pencapaian program Gerakan Nasional Nontunai.

Pada tahap awal, kartu e-money edisi maskot Asian Games akan diterbitkan sebanyak 40 ribu kartu. Sedangkan e-money edisi legenda olahraga yang menampilkan wajah legenda olahraga bulutangkis Rudi Hartono dan Christian Hadinata, dan legenda olah raga tenis Yayuk Basuki akan diterbitkan secara eksklusif sebanyak 1.000 keping dan dapat diperoleh di merchant–merchant pilihan.

“Inisiatif yang pertama kalinya dilakukan ini menegaskan dukungan perseroan kepada upaya membangun kebanggaan nasional melalui prestasi olah raga,” ungkap Kartini Sally saat menyerahkan kartu e-money edisi premium Asian Games tersebut kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang disaksikan oleh Menpora Imam Nahrawi dan ketiga legenda olahraga tersebut di sela-sela launching pembukaan pameran Goifex Asian Games 2018 di Jakarta, Sabtu (19/8).

Menurut Kartini Sally, pemilihan ketiga pahlawan olahraga tersebut mengingat ketiganya adalah nama-nama besar di olahraga Bulu Tangkis dan Tenis yang telah mencetak prestasi internasional, termasuk di ajang Asian Games. “Tanpa bermaksud mengecilkan arti kontribusi pahlawan olahraga lain yang juga telah berprestasi di tingkat internasional, kami berharap kehadiran kartu e-money khusus edisi legenda olahraga dan edisi maskot Asian Games ini dapat diterima masyarakat sebagai simbolisasi dukungan kami kepada olah raga nasional,” kata Kartini.

Kartini menjelaskan, penerbitan kartu e-money edisi premium Asian Games 2018 juga sejalan dengan strategi perseroan dalam meningkatkan penggunaan kartu prabayar berlogo Mandiri e-money, yaitu memperluas merchant yang menerima pembayaran e-money dan menghadirkan tampilan kartu e-money yang inspiratif dan unik.

Saat ini, kartu prabayar berlogo e-money telah dapat digunakan untuk bertransaksi di 987 merchant yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri, seperti pada sektor transportasi (tol, parkir, kereta, dan Transjakarta), merchant retail, merchant kuliner, dan theme park dengan jumlah outlet sebanyak lebih dari 62 ribu unit.

Hingga Juli 2017, uang elektronik berlogo e-money yang telah diterbitkan Bank Mandiri sebanyak 10,2 juta kartu dengan jumlah transaksi selama tahun 2017 mencapai lebih dari 267 Juta transaksi senilai lebih dari Rp 2,9 triliun.