Jumat , 11 August 2017, 10:41 WIB

Garuda Indonesia Perluas Layanan Kargo di Jabar

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Wihdan Hidayat
Pesawat Garuda Indonesia menunggu jadwal perawatan dan perubahan konfigurasi kursi penumpang di Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) Bandara Soekarno Hatta, Banten, Ahad (23/7).
Pesawat Garuda Indonesia menunggu jadwal perawatan dan perubahan konfigurasi kursi penumpang di Hanggar Garuda Maintenance Facility (GMF) Bandara Soekarno Hatta, Banten, Ahad (23/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Kargo Garuda Indonesia Sigit Muhartono mengungkapkan akan memperluas layanan kargo di Jawa Barat. Hal itu dibarengi dengan diresmikannya Cargo Service Center (CSC) di Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

Dia mengatakan perluasan tersebut dilakukan untuk mendukung arus lalu lintas kargo di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. "Melalui layanan CSC Kedawung, pengiriman kargo lebih mudah dengan adanya akses tol menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan menggunakan Road Feeder Service CSC agar kiriman tepat waktu,," kata Sigit.

Dia mengatakan, penambahan outlet CSC tersebut juga sejalan dengan rencana strategis Garuda serius melayani jasa pengiriman kargo udara dari pintu ke pintu. Sebab sebelumnya hanga melayani pengiriman kargo antar bandara saja.

Ekspansi di Cirebon, kata Sigit,  CSC Kedawung tidak hanya ditargetkan untuk pengguna jasa di Cirebon tetapi daerah sekitarnya juga. "Seperti Kuningan, Majalengka, Tegal, Brebes dan Kuningan sehingga pengiriman kargo udara di wilayah Cirebon menjadi lebih efektif dan efisien," kata dia.

Selanjutnya, Sigit menegaskan Garuda akan memperluas distribusi pengiriman kargo di berbagai pelosok daerah. Meningkatnya kebutuhan dan aktivitas kargo menurutnya membuat Garuda berupaya memfasilitasi kebutuhan para pelanggan.

"Tidak menutup kemungkinan Cargo Service Center ini akan terus dikembangkan di area-area yang lebih kecil dan belum terjangkau, seperti kabupaten atau desa” ungkap Sigit.

Hingga saat ini, terdapat 79 CSC yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk CSC Kedawung. Di antara jumlah tersebut, 52 CSC berlokasi di bandara dan 26 CSC di pusat kota. Rencananya, Garuda  akan membuka 25 CSC baru di berbagai kota Indonesia selama 2017, termasuk CSC Bandung II (Batununggal), CSC Cirebon II (Weru), dan CSC Tasikmalaya.

Berita Terkait