Senin , 17 July 2017, 17:29 WIB

Pelindo III Raih Penghargaan Pengembangan UMKM

Rep: Binti Sholikah/ Red: Qommarria Rostanti
Pelindo III
Pelindo III

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mendapatkan penghargaan dari Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Penghargaan diberikan pada malam puncak acara 6th UNS SMEs Summit and Awards 2017.

Kegiatan tersebut merupakan ajang tahunan yang dilaksanakan untuk memperingati Dies Natalis UNS yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia.

Pelindo III sebagai perusahaan penyedia jasa kepelabuhanan terpilih sebagai perusahaan BUMN transportasi pelaksana program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) atau tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pengembang UMKM terbaik. Penghargaan itu diberikan oleh Rektor UNS Ravik Karsidi kepada Asisten Sekretaris Perusahaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Pelindo III, Roy Darma Putera.

Sebelumnya, Pelindo III telah tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan tersebut setiap tahunnya. Dalam ajang tersebut Pelindo III memperoleh empat penghargaan. 

Roy mengatakan penghargaan yang diraih membuktikan bahwa Pelindo III turut berperan aktif dalam pelaksanaan PKBL secara berkelanjutan. "Pemberian penghargaan ini menunjukkan bahwa Pelindo III memiliki komitmen tinggi untuk memberikan kontribusi positif dalam pemberdayaan masyarakat khususnya bagi UMKM," ujar Roy melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (17/7).

Rektor UNS Ravik Karsidi mengatakan, maksud dan tujuan pemberian penghargaan UNS SME's Awards untuk memberikan penghargaan atas kinerja individu dan/atau perusahaan, instansi, atau lembaga baik pemerintah, BUMN atau swasta dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM. "Semoga acara ini mampu memotivasi instansi lain untuk bisa ikut memberdayakan UMKM yang ada di Indonesia," kata Ravik.

Dia menyebut, acara itu diharapkan mampu meningkatkan kinerja bagi instansi atau perusahaan dan tokoh individu dalam memajukan serta meningkatkan daya saing UMKM di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).