Sabtu , 15 Juli 2017, 18:39 WIB

Asmawi Syam Ditunjuk sebagai Dirut Baru Askrindo

Red: Nidia Zuraya
Republika/Agung Supriyanto
Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo, Asmawi Syam.
Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo, Asmawi Syam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan (RUPS) yang digelar Jumat (14/7) kemarin secara resmi mengangkat Asmawi Syam sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo. Penunjukkan tersebut melalui surat Nomor: SK-130/MBU/7/2017 tanggal 14 Juli 2017 tentang Pengangkatan Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero).
 
Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra mengatakan, pemilihan Asmawi Syam sebagai Direktur Utama Askrindo didasarkan pada rekam jejak kinerja, kapabilitas, pengalaman panjang, dan kepemimpinan yang dinilai dapat memperkuat Askrindo sebagai perusahaan penanggung risiko yang unggul dengan layanan global guna mendukung perekonomian nasional.
 
“Melalui penetapan Dirut baru ini diharapkan Askrindo dapat semakin meningkatkan kinerja dari sisi pendapatan penjaminan kredit -baik berupa penugasan pemerintah (Kredit Usaha Rakyat/KUR) maupun usaha yang berbasis komersial-, premi asuransi, pendapatan subrogasi serta pendapatan dari hasil investasi,” ujar Hambra dalam keterangan pers tertulis kepada Republika.co.id, Sabtu (15/7).
 
Direktur Utama Askrindo yang baru, Asmawi Syam, mengungkapkan, di bawah kepemimpinannya Askrindo akan semakin diperkuat dalam perannya sebagai penjamin kredit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). “Sejalan dengan misinya dalam menjalankan penugasan pemerintah untuk menjamin KUR, ke depannya Askrindo akan fokus dalam upaya-upaya untuk penguatan UMKM di Indonesia," ujarnya.

Salah satu prioritas utama yang akan dilakukannya, ungkap Asmawi, adalah melalui peningkatan sinergi antara Askrindo dengan bank-bank penyalur KUR. "Sinergi tersebut diharapkan dapat semakin memberikan dukungan dan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya,” katanya.
 
Asmawi Syam sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank BRI pada periode 2015-2017 serta Direktur Bisnis Kelembagaan Bank BRI tahun 2007-2014. Memulai karir perbankan di BRI sejak tahun 1980, Asmawi Syam telah menduduki berbagai jabatan manajerial, antara lain Kepala Divisi Bisnis Umum, Kepala Divisi Consumer Banking, Pemimpin Wilayah Bandung, Pemimpin Wilayah Denpasar, sehingga memiliki pengalaman yang luas di bidang industri perbankan dan jasa keuangan.
 
Pengangkatan Asmawi Syam sebagai Dirut Baru Askrindo mengisi jabatan yang sebelumnya telah lowong sekitar tiga bulan sejak Direktur Utama sebelumnya Budi Tjahjono diberhentikan pada tanggal 4 Mei 2017 melalui Surat Keputusan Menteri BUMN No. SK-91/MBU/05/2017.