Selasa , 27 Juni 2017, 14:03 WIB

Hingga Kemarin, Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Dua Juta

Red: Ratna Puspita
Antara/Muhammad Iqbal
Ratusan calon penumpang mengantre masuk ke dalam Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6).
Ratusan calon penumpang mengantre masuk ke dalam Terminal Keberangkatan 1 C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Posko Utama Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten mencatat jumlah penumpang sejak H-10 hingga hari kedua Idul Fitri pada Senin (26/6) mencapai 2.172.815 orang.

Branch Communication Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta Dewandono Prasetyo Nugroho, di Tangerang, Selasa (27/6), mengatakan jumlah penumpang pada tahun ini diperkirakan bakal mencapai 5.011.925 jiwa. Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang tercatat hingga H+15, yakni 4.819. 149 jiwa.

Dia menambahkan lonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta terjadi pada H-1 yang mencapai 34 persen kalau dibandingkan tahun lalu. Sementara itu, jumlah penerbangan tambahan (extra flight) yang telah diterjunkan sejak H-10 hingga H+2 mencapai 524 penerbangan.

"Pada tahun ini akan ada peningkatan penumpang dibandingkan tahun lalu. Lonjakan terjadi pada H-1 dan akan kembali terjadi saat arus balik mudik lebaran nanti," kata dia.

Otoritas Bandara Soekarno-Hatta juga mencatat, ada lima kota tujuan domestik paling banyak dikunjungi, yakni Denpasar, Surabaya, Kualanamu, Makassar dan Yogyakarta. "Ada sekitar 93.525 penumpang terbang ke Denpasar," ujar dia.

Deputi Bidang Operasional Bandara Soekarno-Hatta Djodi Prasetyo menambahkan, telah menyiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan.

Karena itu, penumpang diimbau untuk melakukan persiapan dan mengecek barang bawaan serta datang lebih awal agar mengantisipasi terjadinya antrean panjang.





Sumber : Antara