Senin , 19 Juni 2017, 05:35 WIB

Apple Bukan Lagi Jadi Merek Paling Berharga di Dunia

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Time
Apple
Apple

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple bukan lagi menjadi merek paling berharga di dunia. Posisinya berhasil disingkirkan oleh pesaing utama mereka, Google.

Selama lima tahun terakhir, Apple berhasil meraup pasar paling besar di seluruh dunia. Merek dengan logo buah apel tergigit itu berhasil meninggalkan merek-merek lain dengan selisih sangat besar.

Tapi, masa kejayaan Apple pun berakhir setelah Google dengan sukses menyusul. Tahun 2016, nilai Apple turun sebanyak 27 persen, menjadi 107, 1 miliar dolar.

Jika Apple turun drastis, sebaliknya dengan Google yang setiap tahun berhasil menstabilkan angka. Nilai terakhir yang diperoleh Google memasuki angka 109,5 miliar dolar.

Sementara Amazon meroket ke posisi ketiga di tempat 106,4 miliar dolar, meningkat sebesar 53 persen. Peringkat merk tersebut sesuai dengan daftar yang dirilis oleh Global 500 Brand Finance, dikutip dari Indy100, Senin (19/6).

Grafik yang dibuat HowMuch.net telah memetakan merek-merek paling berharga di dunia berdasarkan negara. Google berhasil menjadi raja di Amerika Serikat setelah sekian lama dipegang Apple.