Sabtu , 17 June 2017, 22:15 WIB

Geo Dipa Tambah Dua Wilayah Kerja Panas Bumi

Red: Satria K Yudha
twitter.com
Geo Dipa Energi
Geo Dipa Energi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Geo Dipa Energi (Persero) menambah pengelolaan wilayah kerja panas bumi (WKP). Perusahaan pelat merah di sektor energi panas bumi itu berekspansi ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Direktur Utama Geo Dipa Energi Riki Firmandha Ibrahim  mengatakan, dengan penambahan dua WKP, Geo Dipa kini memiliki empat wilayah kerja panas bumi. Sebelumnya, Geo Dipa telah mengelola WKP di Dieng, Jawa Tengah dan WKP di Patuha, Jawa Barat. 

"Dua WKP tambahan adalah  WKP Umbul Telomoyo di Jawa Tengah dan WKP Arjuno Welirang di Jawa Timur," kata Riki di Jakarta, Sabtu (17/6). 

Riki mengatakan, penambahan wilayah kerja panas bumi akan membantu mempercepat target pemerintah dalam pengembangan energi panas bumi sebesar tujuh ribu MW pada 2025. 

Direktur Keuangan Geo Dipa Muhammad Ikbal Nur menjelaskan,  WKP Arjuno Welirang memiliki potensi sumber daya listrik sebesar 180 MW. Sehingga akan sangat membantu meningkatkan elektrifikasi di Jawa Timur.

Dia mengatakan, WKP Arjuno Welirang diproyeksikan berproduksi pada 2025. "Karena persiapan membutuhkan waktu hingga delapan tahun. Dukungan pemerintah daerah sangat dibutuhkan," ujarnya. 

Kepala Bidang Energi Dinas ESDM Pemerintah Provinsi Jawa Timur Kukuh Sujatmiko menegaskan, Pemprov Jatim siap membantu kelancaran proyek WKP Arjuno Wilerang. Apalagi, proyek tersebut merupakan penugasan dari pemerintah pusat. 

"Kami akan membantu agar proyek terealisasi dengan cepat," kata Kukuh.