Rabu , 27 September 2017, 21:53 WIB

Kebakaran di Jogja City Mall, Pengunjung Berhamburan

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Endro Yuwanto
Republika/Wahyu Suryana
Kebakaran terjadi di Jogja City Mall DIY, Rabu (27/9) malam.
Kebakaran terjadi di Jogja City Mall DIY, Rabu (27/9) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kebakaran terjadi di Jogja City Mall, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (27/9) malam. Api yang muncul dari lantai atas membuat pengunjung panik dan berhamburan menyelamatkan diri.

Deddy, salah satu pegawai di Hypermart yang ada di lantai basement Jogja City Mall menuturkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Ia mengatakan, api pertama kali berasal dari lantai paling atas atau rumah ibadah gereja.

Menurut Dedy, kepulan asap dari atas dapat terlihat jelas, sehingga banyak pengunjung yang panik melarikan diri. Banyaknya pengunjung memang sempat membuat kepenaikan karena semua orang berebut ingin segera ke luar mal.

"Tapi sudah ke luar semua," kata Deddy kepada Republika.co.id, Rabu (27/9) malam.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti terlihat mengatur laju kendaraan dan petugas yang berusaha memadamkan api. Menurut dia, sekitar pukul 21.30 WIB, api sudah berhasil dipadamkan. Dan saat ini tinggal dilakukan pendinginan.

"Sudah, sudah ke luar semua," ujar Haryadi sambil mengatur petugas.

Puluhan mobil pemadam kebakaran Yogyakarta dan Sleman tampak sudah memenuhi ruas-ruas jalan yang ada di sekitar Jogja City Mall. Banyak pula mobil dari Badan SAR Nasional, BNPB, dan Palang Merah Indonesia.

Api sempat terlihat di logo XXI yang menghadap ke jalan, dan posisinya memang berada dekat dengan gereja. Video kepanikan pengunjung yang mencoba menyelamatkan diri ke luar dari mal pun sudah banyak beredar di media sosial.