Jumat , 19 May 2017, 22:15 WIB

BRI Gelar Parade UMKM di Malang

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Satria K Yudha
BRI
Direktur Manajemen Risiko Kredit Bank BRI  Susy Liestiowaty (ketiga dari kiri) bersama Wali Kota malang Mochamad Anton (ketiga dari kanan),  jajaran pejabat BRI, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang Tri Widyani, meresmikan pembukaan parade umkm di Lapangan Parkir Stadion Gajayana, Kota Malang, Jumat, 19 Mei 2017.
Direktur Manajemen Risiko Kredit Bank BRI Susy Liestiowaty (ketiga dari kiri) bersama Wali Kota malang Mochamad Anton (ketiga dari kanan), jajaran pejabat BRI, serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang Tri Widyani, meresmikan pembukaan parade umkm di Lapangan Parkir Stadion Gajayana, Kota Malang, Jumat, 19 Mei 2017.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG – Setelah sukses menggelar parade UMKM di Semarang pada tanggal 5-7 Mei 2017, kini Bank BRI menggelar acara serupa di Malang, Jawa Timur. Parade UMKM BRI di Malang mengusung tema “UMKM Kreatif Berbasis Digital” yang diselenggarakan pada 19-21 Mei 2017 di Lapangan Parkir Stadion Gajayana Malang. 

Pada Parade UMKM BRI di Semarang, animo masyarakat untuk datang sangat tinggi. Selama tiga hari penyelenggaraan, kurang lebih 7.000 orang hadir di acara tersebut. Bank BRI juga berhasil menghimpun dana tak kurang dari Rp.88 Miliar pada event itu. 

“Untuk di Malang, kami menargetkan pengunjung perhari minimal 2.000 orang,” kata Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga Amijarso, Jumat (19/5).

Parade UMKM di Malang juga akan diramaikan oleh lebih dari 100 pelaku UMKM yang dibagi menjadi area fashion, foodcourt, industri kreatif, makanan olahan dan kain khas daerah. Menurut Hari, dengan adanya pameran UMKM ini, diharapkan semakin memperkuat citra perusahaan sebagai bank yang fokus dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia. 

Sampai dengan saat ini, BRI telah memberikan akses inklusi keuangan dan pembiayaan bagi UMKM, memberikan sentuhan teknologi digital serta pelatihan dan pengembangan bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Dukungan yang diberikan Bank BRI tersebut bertujuan membuat pelaku UMKM naik kelas. Harapannya, dengan naik kelas maka UMKM binaan BRI mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja dan menggerakkan perekonomian nasional. Pelaku UMKM juga perlu diwadahi untuk memasarkan produknya, salah satunya dengan mengadakan pameran-pameran seperti ini. 

"Selain promosi produk, pameran dapat digunakan pelaku UMKM untuk menambah koneksi serta mengetahui selera dari konsumen secara langsung," tambah Hari. 

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pelaku UMKM di kota Malang, dalam rangkaian acara ini juga diadakan UMKM Award. UMKM Award akan dibagikan di tiga kategori, yakni kategori retail, kategori mikro dan kategori start up. 

Selain itu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, Bank BRI juga mengadakan program pemeriksaan kesehatan gratis selama perhelatan berlangsung. Menurutnya hal ini merupakan komitmen Bank BRI bahwa dalam menjalankan bisnisnya namun tidak melupakan upaya untuk meningkatkan kualitas masyarakat sekitar, salah satunya melalui kesehatan.