Jumat , 19 May 2017, 19:52 WIB

BNI Syariah Dorong Kemandirian Anak-Anak Jalanan

Red: Karta Raharja Ucu
Dokumentasi BNI Syariah
BNI Syariah memberikan bantuan operasional pembangunan fasilitas asrama putri Nara Kreatif.
BNI Syariah memberikan bantuan operasional pembangunan fasilitas asrama putri Nara Kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di Indonesia, kesempatan meraih pendidikan yang layak bagi golongan marginal dan anak-anak jalanan cenderung masih rendah, sehingga banyak yang harus putus sekolah dan menghabiskan waktu di jalanan. Hal inilah yang mendorong salah satu Duta Hasanah BNI Syariah, Nezatullah Ramadhan memberikan solusi permasalahan sosial melalui pengembangan pendidikan dan kemandirian bagi anjal, khususnya di daerah Jakarta dan sekitarnya dengan mendirikan Yayasan Nara Kreatif.

Sejak didirikannya pada 2012, Yayasan Nara Kreatif berfokus pada tiga bidang. Di antaranya pendidikan, lingkungan dan ekonomi dengan memberikan ketrampilan mendaur ulang sampah untuk diolah menjadi barang bernilai ekonomis diantaranya paper bag, souvenir, dan kertas daur ulang bagi perusahaan.

Sejalan dengan visi Nara Kreatif dalam mengembangkan kemandirian bagi anjal, sejak 2014 BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik turut bersinergi positif bersama Nara Kreatif yang diimplementasikan dalam berbagai program diantaranya Hasanah Empowerment, Hasanah Qurani, Eco communitypreneur serta pembangunan fasilitas sekolah bagi para binaan yang mencapai 200 orang.

Tidak berhenti sampai disini, saat ini BNI Syariah bersama komunitas Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) tengah menggalakkan program Hasanah Journalistic Training bagi anak-anak jalanan. Sebuah program pelatihan menulis dan jurnalistik untuk pemberitaan serta fotografi yang akan dibimbing oleh jurnalis dan fotografer dari berbagai media cetak dan online yang tergabung dalam Jurnalis Ekonomi Syariah (JES).

“Alhamdulillah, sejak mengikuti kegiatan Hasanah Qurani saya dan teman-teman Nara Kreatif dapat belajar membaca Alquran lebih baik karena dibimbinng pengajar yang menyenangkan dengan suasana kelas yang nyaman. Terima kasih BNI Syariah," ujar Bejo, salah satu anak binaan Nara Kreatif.

Nezatullah menuturkan, Nara Kreatif dan BNI Syariah menjadi satu kesatuan yang saling mendukung dalam berbagai hal baik pendidikan, pengembangan karakter dan ekonomi. "Hal ini tentu menjadi spirit bagi kami untuk terus mencetak generasi-generasi muda berprestasi dengan keterbatasan ekonomi," kata dia dalam acara HUT keempat Nara Kreatif, Kamis (18/5).

Dalam acara yng mengangkat tema “Sharing is Caring” itu, Nara Kreatif menggandeng BNI Syariah dan Yayasan Hasanah Titik mengadakan berbagai kegiatan. Di antaranya penyampaian program CSR BNI Syariah, hiburan dari anak-anak binaan, dan penyerahan secara simbolik program Hasanah Qur’ani, Hasanah Empowerment, Hasanah Ecopreneur dan Hasanah Jurnalistik Training.

Acara diadakan di rumah singgah Nara Kreatif yang dihadiri oleh Corporate Secretary BNI Syariah, Endang Rosawati, Dewan Pengawas Nara Kreatif, Prof Raldi Artono Koestoer, founder Nara Kreatif, Nezatullah Ramadhan, dan jurnalis dari berbagai media cetak dan online.

Endang Rosawati, Corporate Secretary BNI Syariah menuturkan, pihaknya menyadari anak-anak adalah investasi masa depan untuk bangsa dan negara, "Untuk itu BNI Syariah dengan mengusung Hasanah Lifestyle terus berupaya menebarkan nilai-nilai Hasanah bagi anak-anak jalanan. Kami berharap dengan adanya kerja sama antara BNI Syariah, Nara Kreatif dan JES dapat menciptakan generasi muda yang berkarakter dan berHasanah bagi Indonesia," kata
dia.