Sabtu , 20 May 2017, 07:20 WIB

Kadin Jabar Dorong Bank BJB Optimalkan Peran Pembangunan Daerah

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Nur Aini
Republika/Edi Yusuf
Dirut Bank BJB Ahmad Irfan (kedua kiri) bersama pejabat lainnya memberikan bantuan kepada masyarakat
Dirut Bank BJB Ahmad Irfan (kedua kiri) bersama pejabat lainnya memberikan bantuan kepada masyarakat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Pembangunan Daerah (BPD) dituntut untuk lebih berkontribusi dalam mengembangkan perekonomian di daerah. Karena itu, Wakil Ketua Kadin Jawa Barat Bidang Kemitraan dan Pemberdayaan UMKM, Iwan Gunawan, mendorong agar Bank BJB, sebagai bank pembangunan daerah di wilayah Jawa Barat dan Banten, untuk mengoptimalkan perannya dalam mendukung pelaku usaha di daerah.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan, menurut Iwan, yakni dengan memberikan bunga kredit yang kompetitif. Selain itu, ia juga berharap agar BJB meningkatan akses ke masyarakat dengan membuka kantor cabang minimal satu unit di tiap kecamatan.

"Bank yang aksesnya mudah, bunga kreditnya rendah pasti akan lebih dipilih masyarakat," ujarnya, saat dihubungi Republika.co.id, baru-baru ini. "Kalau bagi UMKM, mereka pasti akan cari yang lebih mudah syaratnya."

Iwan juga menyampaikan apresiasinya pada BJB yang ia anggap sudah mulai fokus ke pengembangan sektor UMKM. Kendati begitu, ia berharap ke depan BJB juga dapat memberikan akses kredit di luar sektor perdagangan, seperti pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan.