Jumat , 21 April 2017, 13:40 WIB

Lippo Grup Bantah Dukung Program DP KPR Nol Persen

Red: Nidia Zuraya
Republika/Wihdan
Rumah Murah (ilustasi)
Rumah Murah (ilustasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lippo Group membantah pemberitaan yang menyebutkan bahwa grup usaha tersebut akan ikutserta dalam mendukung program rumah murah dengan uang muka atau down payment (DP) nol persen. Bantahan tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Humas Lippo Grup Danang Kemayan Jati melalui pesan WhatsApp kepada Republika.co.id, Jumat (21/4).

"Mengenai Lippo dukung program DP nol persen dan rumah seharga 350 juta adalah hoax! Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu," kata Danang menegaskan.

Padahal sehari sebelumnya, pada Kamis (20/4), di sela-sela acara The Economist di Hotel Shangri-la Jakarta, Direktur Lippo Group John Riady menyatakan bahwa perusahaannya tertarik bekerja sama dengan Anies-Sandi yang memenangkan Pilkada DKI Jakarta versi hitung cepat, untuk merealisasikan program rumah murah dengan uang muka nol persen.

Saat itu John mengatakan, rumah merupakan aset yang dapat memberdayakan pemiliknya. Karena itu, program rumah tanpa uang muka perlu didukung.

"Lippo tertarik. Kalau ada program yang bisa meningkatkan daya beli masyarakat​, itu buat kita baik sekali dan kita akan mendukung," ujar John.

Dalam pesan WhatsApp ke Republika.co.id, Danang juga mengatakan Lippo mengharapkan kemajuan ekonomi dan juga ingin berperan dalam semua hal yang bisa membantu kalangan tidak mampu, termasuk affordable living dan "mass housing" yang dilakukan di banyak negara besar bagi warganya.

"(tetapi) Sementara ini Lippo belum dan tidak ada rencana, dan juga bukan pengembang pertama, yang melakukan penjualan rumah Rp 350 juta seperti informasi yang beredar," tutur Danang.