Selasa , 14 November 2017, 10:26 WIB

Dibuka Melemah, IHSG Langsung Melesat ke Zona Hijau

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Republika/Yasin Habibi
Layar indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta. ilustrasi
Layar indeks harga saham gabungan (IHSG) di BEI, Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pagi ini, Selasa (14/11). Indeks saham turun 0,04 persen atau 2,35 poin di level 6.019.

Meski begitu, tidak butuh waktu lama, IHSG langsung melesat ke zona hijau. Pada pukul 09.05 WIB, IHSG menguat 0,22 persen atau 13,46 poin ke 6.034,92.

Analis Binaartha Securities Reza Priyambada memprediksi, tekanan jual yang terjadi pada IHSG, membawa posisi indeks saham menjauhi area upper bollinger band sebagai bagian dari tren konsolidasi yang terbentuk. Di sisi lain, kata dia, posisi itu juga memberikan peluang bagi pelaku pasar untuk masuk. 

"Diharapkan pelemahan dapat kembali terbatas. Dengan begitu IHSG masih dapat menemukan momentum rebound-nya," ujar Reza di Jakarta, Selasa, (14/11).

Sementara itu, Danpac Sekuritas menyatakan, sepekan lalu IHSG melemah hingga 17 point membentuk candle dengan body turun kecil dan shadow di atas indikasi tekanan turun. Sedangkan pada candle harian, IHSG melemah 20 poin membentuk candle dengan body turun dan shadow di atas indikasi tekanan turun. 

"Volume relative rendah di bawah rata-rata 20 hari terakhir. IHSG telah bergerak dalam trend naik jangka panjang sejak 29 September 2015," tulis Danpac Sekuritas dalam Weekly Research.