Jumat , 13 October 2017, 09:46 WIB

Dibuka Melemah, Gerak IHSG Langsung Berbalik Menguat

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas melintasi papan elektronik yang menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi
Petugas melintasi papan elektronik yang menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka melemah pada awal perdagangan akhir pekan ini. IHSG turun 0,18 poin di level 5.926,03.

Meski begitu, laju IHSG dengan cepat langsung berbalik arah ke zona hijau. Berdasarkan pantauan Republika, pukul 09.14 WIB IHSG sudah bergerak menguat 0,34 persen atau 19,89 poin ke posisi 5.946,1.

Analis Senior Binaartha Securities Reza Priyambada menilai, pembalikkan arah naik tersebut, menunjukkan masih adanya kekuatan daya beli untuk menahan pelemahan yang ada. "Apalagi jika pelaku pasar memiliki optimisme akan membaiknya kinerja kuartal ketiga 2017, maka secara tidak langsung dapat berimbas positif pada laju IHSG selanjutnya," jelasnya di Jakarta, Jumat (13/10).

Meski begitu, menurutnya, kenaikan itu masih harus kembali diuji ketahanannya. Dengan begitu bisa melanjutkan penguatannya.

"Tetap antisipasi sentimen terutama dari berita-berita sektoral dan emiten. Karena hal itu dapat membuat arah IHSG kembali bervariatif melemah," tutur Reza.

Lebih lanjut, ia menyebutkan, ada beberapa saham pilihan hari ini. Di antaranya saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), serta PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

Berita Terkait