Selasa , 10 October 2017, 09:44 WIB

Pembukaan Perdagangan, Indeks Saham Menguat Tipis

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Budi Raharjo
Republika/Rakhmawaty La'lang
Petugas melintasi papan elektronik yang menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (ilustrasi)
Petugas melintasi papan elektronik yang menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 0,05 persen atau 3,2 poin di level 5.918,13 pada perdagangan pagi ini. Diharapkan laju IHSG bisa melanjutkan tren penguatannya.

Berdasarkan pantauan Republika, pergerakan IHSG di awal cukup positif. Hal itu karena pada pukul 09.05 WIB, IHSG semakin menguat 0,18 persen atau 10,92 poin ke level 5.925,850.

Analis Senior Binaartha Securities Reza Priyambada mengatakan, laju IHSG kembali memperlihatkan ketahanannya di zona hijau meski secara tren belum signifikan. "Pelaku pasar masih terbatas dalam melakukan aksi belinya yang berimbas pada kenaikan yang hanya beberapa poin," ujarnya di Jakarta, Selasa, (10/10).

Kekhawatiran akan kembali terjadinya pembalikan arah melemah, kata Reza, membuat pelaku pasar cenderung menahan diri. Dengan begitu, pergerakan variatif kembali mencoba menguat pun diperkirakan bakal kembali terjadi.

"Maka tetap antisipasi sentimen terutama dari berita-berita sektoral dan emiten," ujar Reza. Sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,16 persen di level 5.914,93 pada perdagangan kemarin.